Apa software defragmenter itu, pentingkah buat komputer? Mungkin, sebagian dari Anda ada yang bertanya demikian. Ya, software defragmenter cukup penting sebagai salah satu jenis software untuk memperbaiki performa komputer. Sistem operasi Microsoft Windows sendiri sudah memiliki tool bawaan (built-in tool) yang bernama Disk Defragmenter. Di Microsoft Windows 10, tool ini bernama Defragment and Optimize Drives.

Sebagai pengguna komputer Windows, Anda tentunya sering menginstal atau mencopot program. Kegiatan menginstal dan mencopot program ini dapat menghasilkan fragment yaitu pecahan dari sebuah file yang disimpan menyebar, tidak berdekatan, sedangkan sebuah program aplikasi bisa terdiri dari sangat banyak file. Anda bisa membayangkan betapa berantakan file-file program aplikasi yang disimpan di disk drive.

Fragment (bagian atau pecahan file) yang tersimpan menyebar adalah penyebab performa komputer menjadi turun. Komputer menjadi lambat ketika menyimpan file atau membuka program aplikasi. Tool Defragment and Optimize Drives digunakan untuk mengkonsolidasi bagian atau pecahan file yang tersebar, menyusun ulang pecahan file tersebut dan selanjutnya menyimpan kembali di ruang penyimpanan yang berdekatan di disk drive.

Baca artikel Melakukan Defrag Disk Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer

Bila sudah ada tool Defragment and Optimize Drives bawaan Windows, masih perlukah software defragmenter lain dari pihak ketiga (third party sofware)? Tool Defragment and Optimize Drives hanya mampu melakukan defrag pada file yang berukuran lebih kecil dari 64MB dan mengabaikan file yang berukuran lebih besar, misalnya file pada game atau file media besar lainnya. Tool ini menjadi kurang maksimal bila Anda adalah penyuka game komputer.

Prinsipnya, bila Anda merasa perlu untuk melakukan defrag yang lebih baik, terutama melakukan defrag file yang besar dengan mudah dan cepat, Anda perlu software defragmenter dari pihak ketiga. Ada banyak software defragmenter dari pihak ketiga yang bisa digunakan. Berikut ini adalah 5 software defragmenter gratis dan terbaik untuk Microsoft Windows:

1. UltraDefrag.

Aplikasi defragmenter gratis terbaik untuk Windows

UltraDefrag adalah disk defragmenter untuk Microsoft Windows, baik untuk desktop maupun server. UltraDefrag ada yang berlisensi gratis (free) di bawah GPL dan ada yang berbayar (commercial). Lisensi gratis dari UltraDefrag dianggap masih tetap lebih baik dari tool Defragment and Optimize Drives bawaan Microsoft Windows. UltraDefrag mudah digunakan dan memberi hasil yang cepat dan efisien.

2. Auslogics Disk Defrag.

Aplikasi defragmenter gratis terbaik untuk Windows

Auslogics Disk Defrag adalah software defragmenter yang 100% gratis dan memiliki sertifikat Microsoft Gold Application Developer. Auslogics Disk Defrag mampu melakukan defrag lebih cepat dibandingkan dengan software defragmenter lainnya. Untuk kenyamanan, Anda sudah cukup menggunakan pengaturan standar, namun bila ingin menyesuaikan operasi program dan tampilan, Anda juga dapat merubah pengaturan. Auslogics Disk Defrag juga tersedia dalam versi portable.

3. Piriform Defraggler.

Aplikasi defragmenter gratis terbaik untuk Windows

Defraggler terdiri dari Deflagger Free (versi gratis) dan Deflagger Pro (versi komersial). Defraggler dapat digunakan untuk melakukan defrag pada seluruh hard drive atau hanya file tunggal. Defraggler dapat digunakan untuk HDD maupun SSD dan mendukung file system NTFS dan FAT32. Deflaggler memiliki fitur Quick Defrag yang dapat melakukan defrag lebih cepat bila Anda sedang dalam keadaan terburu-buru.

4. MyDefrag.

Aplikasi defragmenter gratis terbaik untuk Windows

MyDefrag adalah disk defragmenter dan optimizer untuk Microsoft Windows mulai dari Windows 2000 sampai dengan Windows 10. MyDefrag mudah digunakan dan bekerja cepat dengan menerapkan beberapa strategi optimasi. MyDefrag dapat digunakan untuk floppy disk, USB disk, memory stick, dan disk lainnya. MyDefrag memiliki banyak fitur yang dapat menjadi pilihan sebagai pengganti defragmenter standar bawaan Windows.

5. Puran Defrag Free.

Aplikasi defragmenter gratis terbaik untuk Windows

Puran Defrag Free adalah salah satu software defragmenter yang handal. Puran Defrag Free mempunyai banyak fitur unggulan salah satunya adalah teknologi PIOZR yaitu menempatkan file yang sering digunakan secara berurutan di area disk yang memiliki akses cepat. Hasilnya adalah kecepatan sistem yang meningkat. Puran Defrag Free kompatibel dengan Microsoft Windows mulai dari Windows XP sampai dengan Windows 10.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It