Bila Anda membeli laptop baru sekarang ini, kemungkinan besar semua port USB adalah USB 3.0. Bila Anda membeli laptop beberapa tahun sebelumnya, kemungkinan port USB yang ada adalah campuran, ada USB 2.0 dan juga USB 3.0. Umumnya, laptop Windows memiliki dua port USB 2.0 dan satu port USB 3.0. USB 2.0 sendiri diluncurkan pada tahun 2000, sedang USB 3.0 pada tahun 2008.

Lalu apa perbedaan UBS 3.0 dengan USB 2.0? Perbedaan ada pada kecepatan transfer data dan komsumsi daya. UBS 3.0 mampu untuk melakukan transfer data 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0 dengan transfer data hingga 625 Mbps. Konsumsi daya USB 3.0 juga lebih besar. Bila USB 2.0 dapat mengkonsumsi daya sampai 500 mA, USB 3.0 dapat mengkonsumsi daya hingga 900 mA.

Baca artikel Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Bekerja Di Windows

Meskipun laptop memiliki port USB yang berbeda, USB 3.0 tetap kompatibel dengan USB 2.0. Setiap periferal (perangkat tambahan) USB 3.0 dapat menggunakan port USB 2.0 atau sebaliknya, setiap periferal USB 2.0 dapat menggunakan port USB 3.0. Namun demikian, kecepatan transfer data yang diperoleh sama dengan USB 2.0. Lalu bagaimana cara mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop?

Baca artikel Cara Mengatasi Masalah Transfer Data USB Yang Lambat Di Windows

Bila Anda memiliki laptop yang telah dibeli beberapa tahun sebelumnya dan Anda merasa kurang mempunyai pengetahuan teksnis, Anda dapat mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop dengan tiga cara, melalui Device Manager, Logo dan juga warna Port. Berikut ini adalah caranya:

1. Melalui Device Manager.

Untuk mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop melalui Device Manager, buka terlebih dahulu kotak dialog Run menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Windows+R. Di kotak dialog Run yang terbuka, ketikkan devmgmt.msc (1) dan klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop

Di jendela Device Manager yang terbuka, gulung ke bawah sampai ditemukan Universal Serial Bus controllers atau USB controllers. Klik Universal Serial Bus controllers untuk menampilkan daftar. Bila di dalam daftar terdapat USB 3.0 dan Host Controller driver, laptop setidaknya memiliki satu port USB 3.0.

Cara mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop

2. Melalui logo.

USB 3.0 adalah SuperSpeed USB. Setiap pabrikan menggunakan SuperSpeed logo untuk USB 3.0. Anda dapat menemukan tanda "SS" bersama dengan logo USB seperti nampak pada gambar di bawah ini. Anda bisa melihat setiap port di laptop. Bila terdapat logo seperti gambar, maka bisa dipastikan bahwa port tersebut adalah USB 3.0.

Cara mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop

3. Melalui warna port.

USB 3.0 memiliki warna port yang berbeda dengan port USB 2.0. Pabrikan pengguna USB 3.0 menggunakan warna biru untuk bagian dalam port. Ini untuk membedakan dengan USB 2.0 yang memiliki bagian dalam warna hitam atau putih. Bila di laptop ada port USB dengan warna biru, maka port tersebut adalah USB 3.0 seperti gambar di bawah ini.

Cara mengidentifikasi port USB 3.0 di laptop

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It