Kebutuhan terhadap kapasitas dan kecepatan penyimpanan terus-menerus mengalami peningkatan seiring dengan ukuran file yang disimpan. Hal ini dijadikan peluang bagi beberapa produsen hard disk portable untuk menyediakan hard disk eksternal dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan kecepatan menyimpan yang semakin meningkat disertai dengan firut-fitur pendukung kinerja yang semakin variatif.

Kali ini, salah satu produsen hard disk eksternal terkenal, Buffalo, kembali meluncurkan jajaran hard disk eksternal dengan hadirnya Buffalo Ministation HD-PATU3. Buffalo Ministation HD-PATU3 ini adalah hard disk pertama yang memiliki koneksi ganda yaitu USB 3 dan thunderbolt. USB 3 mampu menghantarkan data sampai dengan kecepatan 5 gigabit per detik, sedangkan thunderbolt mampu menghantarkan data dengan kecepatan 10 gigabit per detik atau lebih dari 3 kali kecepatan USB 3.

Buffalo Ministation HD-PATU3 dengan konektor thunderbolt

Koneksi thunderbolt di  Buffalo Ministation HD-PATU3 adalah hasil kerja sama dengan Intel selaku pemilik teknologi thunderbolt. Koneksi USB 3 dan thunderbolt yang disertakan dapat menjadi variasi pilihan bagi pengguna PC. Apabila PC yang dimiliki sudah memiliki konektor thunderbolt, kecepatan transfer data akan menjadi sangat signifikan. Untuk PC yang belum memiliki konektor thunderbolt, masih dapat mencapai kecepatan maksimal melalui konektor USB 3.

Koneksi ganda di Buffalo Ministation HD-PATU3 menegaskan semangat dan komitmen Buffalo untuk terus mengembangkan teknologi dan juga inovasi dalam hal perangkat penyimpanan digital. Konektor gandanya memungkinkan perangkat ini bekerja baik di sistem operasi Windows dan Mac OS X. Kompatibilitas dengan Mac Time Mechine OS X menjadikan perangkat ini solusi ideal untuk komputer berbasis sistem operasi Mac.

Buffalo Ministation HD-PATU3 hadir berbalutkan aluminium yang ramping dan dapat langsung dikoneksikan ke komputer tanpa perlu daya tambahan. Buffalo Ministation HD-PATU3 dibanderol dengan harga US$250 untuk kapasitas 500GB dan US$290 untuk kapasitas 1TB. Pembeli yang berninat akan mendapatkan bonus berupa kabel USB3 dan thunderbolt seharga US$50. Produk ini sudah bisa diperoleh di seluruh patner PT. ECS Indo Jaya (distributor resmi merk Buffalo di Indonesia).