Mengaktifkan mode Ultra-Low Latency kartu grafis Nvidia GeForce

Pada Agustus 2019, Nvidia merilis kembali update driver terbaru untuk kartu grafis Nvidia ke versi 436.02. Di update kali ini, Nvidia menyatakan bahwa terdapat peningkatan performa sampai 23% bila dibandingkan dengan driver versi sebelumnya. Peningkatan performa dapat dirasakan ketika sedang memainkan Apex Legends, Battlefield V, Forza Horizzon 4, Strange Brigade dan juga World War Z.

Di update driver kali ini, Nvidia juga telah menambahkan opsi baru yang disebut mode Ultra-Low Latency. Tambahan opsi baru Ultra-Low Latency ini dirancang untuk para gamer yang kompetitif. Pengaturan ke Mode Ultra-Low Latency pada Kartu Grafis Nvidia dapat mengurangi latensi sampai 33% dan menggunakan teknik "just in time" yang mengirim frame untuk dirender sesaat sebelum GPU memerlukannya.

Baca artikel:

Sebelumnya, ketika bermain game, Nvidia akan membuat buffer untuk frame sampai beberapa frame dalam antrian untuk di-render. Hal ini bertujuan membantu memuluskan gangguan frame-rate jika GPU tiba-tiba bermasalah seperti kelebihan beban. Namun, kelemahan dari cara ini adalah latensi pada input (input latency).

Dengan teknik "just in time" ketika mode Ultra-Low Latency telah diaktifkan, frame berikutnya hanya dikirimkan tepat waktu agar kartu grafis (graphics card) menerimanya dan mulai me-render. Ini dapat mengurangi potensi latensi ke minimum. Dengan kata lain, setiap jeda antara input mouse atau keyboard yang sebenarnya terjadi pada monitor akan berkurang.

Baca artikel:

Opsi baru Ultra-Low Latency ini tersedia untuk semua kartu grafis (graphics card) Nvidia GeForce. Pastikan Anda telah melakukan update driver terlebih dahulu ke versi 436.02 untuk bisa mengaktifkan mode Ultra-Low Latency. Berikut ini adalah cara mengaktifkan mode Ultra-Low Latency pada kartu grafis Nvidia GeForce:

Baca artikel Update Driver NVIDIA High Definition Audio Langsung Dari Produsen

Di area dekstop yang kosong, klik kanan mouse untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih NVIDIA Control Panel.

Mengaktifkan mode Ultra-Low Latency kartu grafis Nvidia GeForce

Di jendela NVIDIA Control Panel yang muncul, pilih Manage 3D settings (1), pastikan Anda berada di tab Global Settings (2), klik Low Latency Mode (3), klik kotak drop-down dari Low Latency Mode (4) dan dari opsi yang ditampilkan, pilih Ultra (5).

Mengaktifkan mode Ultra-Low Latency kartu grafis Nvidia GeForce

Setelah Anda merubah nilai dari Low Latency Mode, tombol Apply dan Cancel akan muncul di bagian bawah dari jendela NVIDIA Control Panel. Klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It