Cara Menyembunyikan Daftar Aplikasi Di Start Menu Windows 10

Di Windows 10, Microsoft kembali memperkenalkan desain Start Menu baru. Start Menu di Windows 10 merupakan perpaduan dari Start Menu klasik dan model live tiles (ubin hidup) di Windows 8. Start Menu Windows 10 dapat dikatakan sebagai Start Menu dengan desain paling baik bila dibandingkan dengan Start Menu yang pernah ada sebelumnya.

Start Menu Windows 10 terus disempurnakan. Bila Anda telah menggunakan Windows 10 Creators Update, Anda dapat mengatur untuk menyembunyikan daftar aplikasi (app list) yang terdapat di Start Menu dan hanya menampilkan live tiles (ubin hidup) yang mewakili aplikasi tertentu. Pengaturan yang menyembunyikan daftar aplikasi ini akan memunculkan dua tombol khusus di bagian atas dari Start Menu.

Baca artikel:

Dua tombol khusus tersebut adalah All apps dan Pinned tiles. Tombol All apps digunakan untuk menampilkan daftar semua aplikasi yang tersembunyi dan menyembunyikan semua live tiles yang terdapat di Start Menu. Tombol Pinned digunakan untuk menampilkan semua live tiles dan menyembunyikan daftar semua aplikasi yang terdapat di Start Menu. Bila Anda menyukai menyembunyikan daftar aplikasi di Start Menu Windows 10, berikut ini adalah caranya:

Baca artikel Menyematkan (Pin) Website Favorit Dari Microsoft Edge Ke Start Menu Windows

Gambar di bawah ini adalah tampilan normal dari Start Menu di Windows 10 Creator Update. Di dalam kotak merah adalah daftar semua aplikasi di Start Menu yang akan disembunyikan.

Menyembunyikan daftar semua aplikasi (App List) di Start Menu Windows

Untuk mulai menyembunyikan daftar semua aplikasi yang ada di Start Menu, klik tombol Start (1) yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian klik tombol Settings (2).

Menyembunyikan daftar aplikasi (App List) di Start Menu Windows 10

Di laman Windows Settings yang muncul, pilih Personalisation.

Menyembunyikan daftar aplikasi (App List) di Start Menu Windows

Di laman Settings - Personalisation, klik tautan (link) Start (1) yang terdapat di bilah kiri, di area sebelah kanan, atur nilai toggle switch dari On menjadi Off (2).

Menyembunyikan daftar aplikasi (App List) di Start Menu Windows

Untuk melihat hasilnya, klik kembali tombol Start (1) yang terletak di pojok kiri bawah dan Anda hanya akan melihat live tiles dari menu Start. Untuk menampilkan kembali daftar semua aplikasi dan menyembunyikan live tiles, klik tombol All apps (2). Untuk menampilkan kembali live tiles dan menyembunyikan daftar semua aplikasi, klik tombol Pinned tiles (3).

Menyembunyikan daftar aplikasi (app List) di Start Menu Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It