Microsoft Windows sebenarnya mempunyai fitur bawaan (built-in feature) untuk mengkompres (zip) file dan folder dan mengektrak (unzip) file zip. Anda tidak perlu lagi software dari pihak ketiga seperti 7-Zip, PeaZip, IZArc, WinZip, WinRAR dan sebagainya. Namun bila Anda ingin membuat file zip yang memiliki tambahan proteksi password, Anda perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga tersebut.

Salah satu saftware pengarsip terbaik yang bersifat gratis dan open source adalah 7-Zip. 7-Zip dapat mengekstrak file arsip dengan format seperti ZIP, 7Z, ISO, RAR, VDI, VHD, WIM dan masih banyak lagi. 7-Zip juga bisa untuk mengenkripsi file zip dengan enkripsi AES-256. 7-Zip mendukung enkripsi AES-256 untuk format 7z dan zip. Dengan dukungan enkripsi yang kuat ini, Anda dapat membuat file zip dengan tambahan password.

Artikel terkait:

Anda menambahkan password ketika sedang membuat file zip. Bila Anda ingin menambahkan password ke file zip yang sudah ada, Anda perlu untuk mengekstrak (unzip) file zip tersebut dan mengkompres (zip) ulang dengan menambahkan password. Anda dapat mengunduh software 7-Zip dari laman resminya. Berikut ini adalah cara menggunakan software 7-Zip untuk membuat file zip dengan password:

Seleksi atau sorot file dan folder yang akan dikompress atau dibuat file zip, klik kanan mouse di file atau folder yang disorot untuk menampilkan daftar menu pintas, klik 7-Zip (1) dan kemudian pilih Add to archive... (2).

Baca artikel Cara Menyeleksi Atau Menyorot Banyak File Dan Folder Di Windows

Menggunakan 7-Zip untuk membuat file zip dengan password

Di kotak dialog Add to archive yang muncul, beri nama untuk file zip yang dibuat (1), tentukan folder penyimpanan file tersebut (2), pilih zip untuk format pengarsipan (3), ketikkan password untuk mengenkripsi (4), pilih AES-256 untuk metoda enkripsi (5) dan kemudian klik OK (6).

Menggunakan 7-Zip untuk membuat file zip dengan password

Bila file zip telah jadi, ekstrak file tersebut menggunakan software 7-Zip. Anda akan diminta untuk memasukkan password. Masukkan password (1) dan tekan tombol OK (2) untuk mengekstrak file zip (compressed file) tersebut.

Menggunakan 7-Zip untuk membuat file zip dengan password

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It