Google Chrome Akan Memblokir Iklan Yang Menguras Sumber Daya Perangkat

Dari namanya saja, Anda dapat dengan mudah mengetahui bahwa Google Chrome adalah browser yang dibuat oleh raksasa internet Google. Google Chrome merupakan browser dengan pengguna paling banyak saat ini. Google Chrome adalah browser yang cepat, aman, memiliki desain minimal dan menggunakan teknologi canggih di dalamnya.

Hampir semua blog atau website kini dimonetasi untuk menghasilkan uang dengan cara memasang iklan. Ketika membuka halaman website, Anda akan menemukan dua atau lebih iklan di dalamnya. Browser Google Chrome termasuk yang begitu memberi perhatian pada keberadaan iklan di halaman website. Kembali ke tahun 2018, saat itu, browser Google Chrome mulai memblokir iklan yang tidak sesuai dengan Better Ads Standards.

Baca artikel:

Masih mengikuti Better Ads Standards, browser Google Chrome kini juga berencana untuk memblokir iklan yang menggunakan sumber daya perangkat yang tidak proporsional seperti baterai dan paket data (resource-heavy ads). Iklan yang demikian dapat menghabiskan masa pakai baterai, membutuhkan biaya lebih serta memberi dampak kurang baik pada performa.

Baca artikel Mengaktifkan DNS-over-HTTPS Di Browser Google Chrome

Iklan yang muncul di Google Chrome akan dibatasi untuk menggunakan 4MB data jaringan atau 15 detik penggunaan CPU dalam periode 30 detik, atau 60 detik dari total penggunaan CPU. Jika iklan telah mencapai ambang batas, bingkai iklan akan menavigasi ke halaman kesalahan, memberitahu pengguna bahwa iklan telah menggunakan sumber daya terlalu banyak.

Google Chrome memblokir iklan yang menguras sumber daya perangkat (resource-heavy ads)

Iklan yang menggunakan sumber daya perangkat yang tidak proporsional ini akan otomatis diblokir mulai akhir Agustus nanti. Masih ada waktu bagi pembuat iklan dan penyedia alat untuk memasukkan ambang batas penggunaan sumber daya perangkat ke dalam alur kerja. Pembuat iklan harus secepatnya menyesuaikan ini, bila tidak, penayangan iklan mereka pasti terganggu.

Sebenarnya, Google Chrome versi 80 dan versi diatasnya sudah terdapat flag experiment yang terkait dengan resource-heavy ads ini. Pengguna browser Google Chrome tidak harus menunggu sampai akhir Agustus untuk memblokir iklan yang menggunakan sumber daya secara tidak proporsional tersebut. Anda dapat mengaktifkan (enable) flag experiment untuk mulai memblokir iklan yang demikian.

Baca artikel Cara Memperbarui (Update) Browser Google Chrome

Ketik chrome://flags (1) di address bar Google Chrome dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Di halaman Experiments, ketik "heavy ad" (2) di kotak pencarian untuk mempercepat menemukan flag experiment dimaksud, ubah nilai Heavy Ad Intervention dari Default ke Enable (3) dan kemudian klik tombol Relaunch (4).

Google Chrome memblokir iklan yang menguras sumber daya perangkat (resource-heavy ads)
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It