Google Chrome menyembunyikan https dan www dari URL di address bar

Sebagian besar pengguna browser Google Chrome mungkin tidak menyadari bahwa mulai di rilis stabil Chrome 76, Google Chrome telah menyembunyikan atau menghilangkan "https" dan "www" dari alamat website di address bar (omnibox). Google juga pernah mencoba menyembunyikan "www" dan "m" pada versi mobile untuk pertama kali saat rilis stabil Chrome 69 pada tahun 2018 dan kemudian membatalkannya karena protes dari pengguna.

Ketika Anda mengunjungi halaman sebuah website dengan mengetikkan alamat website atau URL, misalnya https://www.topikit.com/ dan kemudian menekan tombol Enter, halaman website dibuka dan alamat website atau URL di address bar (omnibox) menjadi hanya topikit.com dengan "https://" dan "www" dihilangkan. Ini juga berlaku ketika Anda mengunjungi halaman sebuah website melalui tautan (link).

Browser Google Chrome menyembunyikan https dan www dari URL di address bar (omnibox)

HTTPS adalah versi aman dari protokol HTTP. Saat ini, HTTPS harus menjadi standar dan semua website harus menggunakannya. Dengan menghilangkan HTTPS, Anda tetap bisa mengatahui apakah sebuah website menggunakan enkripsi atau tidak melalui ikon gembok. Bila ada ikon gembok di samping kiri nama domain, bisa dipastikan website tersebut menggunakan HTTPS. Bila ada indikator "Not Secure", website tersebut masih menggunakan HTTP. Google juga menyembunyikan "HTTPS" untuk website yang tidak terenkripsi.

Baca artikel:

Menghilangkan subdomain "www" adalah keputusan kedua kali yang dilakukan oleh Google dan di Chorme 76, Google nampaknya sudah final. Tim Google Chrome berargumen bahwa menghilangkan "www" akan membuat alamat website atau URL lebih mudah dibaca dan dipahami untuk pengguna. Demikian juga, bila diperhatikan, address bar (omnibox) Google Chrome menjadi nampak lebih baik tanpa "HTTPS" dan "www".

Baca artikel Mengunduh (Download) Offline Installer Browser Google Chrome

Untuk Anda yang belum terbiasa dengan perubahan ini, Anda masih dapat melihat atau menampilkan alamat website atau URL secara lengkap dengan cara mengklik ganda pada alamat website atau URL yang ada di address bar (omnibox) Google chrome. Demikian juga, hasil menyalin (copy) alamat website atau URL di address bar juga masih menyertakan "HTTP" dan "www".

Sampai Chrome 77, Google Chrome masih menyertakan experimental flags terkait dengan "HTTPS" dan "www". Namun experimental flags ini sewaktu-waktu bisa dihapus bila tidak ada perubahan lagi terkait keputusan menyembunyikan "HTTPS" dan "www". Dua experimental flags ini adalah Omnibox UI Hide Steady-State URL Scheme yang berkaitan dengan "HTTPS" dan Omnibox UI Hide Steady-State URL Trivial Subdomains yang terkait dengan "www".

Bila diinginkan, Anda dapat menggunakan dua experimental flags ini untuk tetap menampilkan "HTTPS" dan "www" dari alamat website atau URL di address bar (omnibox) Google Chrome. Ketik chrome://flags di address bar (1) dan tekan Enter, di kotak pencarian, ketik omnibox ui hide (2) dan tekan Enter, rubah nilai kedua experimental flags tersebut ke Disabled (3) dan kemudian klik tombol Relaunch Now (4).

Browser Google Chrome menyembunyikan https dan www dari URL di address bar (omnibox)
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It