File Explorer adalah aplikasi bawaan Microsoft Windows. File Explorer dulunya bernama Windows Explorer. File Explorer telah menjadi bagian penting penting Microsoft Windows sejak Windows 95. File Explorer memiliki antar muka grafis (GUI) tempat mengelola file dan folder di Windows. Di File Explorer, anda dapat melakukan operasi terkait file dan folder seperti membuat, menghapus, memindahkan, menyalin, memberi nama ulang dan sebagainya.

Umumnya, pengguna Windows mempartisi hardisk menjadi dua drive yaitu drive C: dan D:. Drive C: berisi file sistem Windows dan aplikasi yang diinstal, sedangkan drive D: berisi file yang anda buat atau peroleh. Anda juga dapat membuat folder-folder di drive D: untuk menyimpan file sejenis, misal folder khusus menyimpan file Microsoft Word atau Microsoft Excel:

Artikel manarik lainnya:

Seiring waktu, drive D: akan penuh dengan banyak folder yang juga berisi banyak file. Ketika Anda memerlukan file tertentu, Anda akan merasa kesulitan mencari file tersebut diantara ratusan file lain. File Explorer menawarkan fitur pencarian file dan folder. Dengan fitur ini, mencari file atau folder bisa dilakukan dengan cepat dibandingkan mencari manual.

Baca artikel Mengaktifkan Mode Tema Gelap Windows File Explorer Di Windows 10

Caranya cukup mudah. Anda perlu mengakses atau menjalankan File Explorer terlebih dulu. Pastikan Anda telah berada di drive D: atau drive lain tempat Anda menyimpan semua file, tekan tombol keyboard F3 untuk menempatkan kursor mouse langsung di kotak pencarian (search box) File Explorer dan ketikkan file atau folder yang dicari. File Explorer akan menampilkan file atau folder yang sesuai.

Mencari file atau folder dengan cepat di File Explorer

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It