Melakukan update driver untuk perangkat (hardware device) komputer adalah salah satu cara untuk meningkatkan fungsionalitas dari perangkat tersebut. Setiap ada perubahan pada sistem operasi, sebagian besar hardware tetap berfungsi sama dan sebagian kecil perangkat fungsionalitasnya dapat ditingkatkan dan lebih dimaksimalkan dengan cara melakukan update driver pada perangkat tersebut, misalnya kartu grafis (graphics card).

Versi terbaru driver umumnya memperkenalkan fitur baru atau memperbaiki bug yang ditemukan di versi sebelumnya. Itulah sebabnya, bila telah dirilis driver versi terbaru untuk sebuah perangkat, akan lebih baik bila melakukan update driver ke versi terbaru untuk perangkat tersebut. Namun, kenyataan bahwa tidak semua update driver ke versi terbaru akan membuat perangkat berfungsi lebih baik. Cukup sering, update driver ke versi terbaru justru menimbulkan masalah baru.

Baca artikel 6 Sofware Driver Updater Gratis Terbaik Untuk Windows

Masalah yang mungkin dijumpai setelah melakukan update driver ke versi terbaru misalnya performa perangkat tidak lebih bagus dari sebelumnya, muncul perilaku aneh pada perangkat atau bisa juga system-crashing. Ini menandakan bahwa versi driver sebelumnya masih lebih baik atau lebih stabil dari versi driver terbaru yang diinstal. Bila hal seperti ini terjadi, yang perlu dilakukan adalah kembali (roll back) ke versi driver sebelumnya.

Baca artikel Update Driver NVIDIA High Definition Audio Langsung Dari Produsen

Mengembalikan (roll back) driver ke versi sebelumnya tidak terlalu sulit. Device Manager memiliki fitur Roll Back yang digunakan untuk menghapus (uninstall) versi driver saat ini dan kemudian secara otomatis menginstal kembali versi driver sebelumnya dalam satu langkah sederhana. Berikut ini adalah contoh cara mengembalikan (roll back) driver ke versi sebelumnya di Windows 10:

Baca artikel Mengulang Kembali (Restart) Driver Kartu Grafis Di Windows 10

Jalankan atau buka jendela Device Manager terlebih dahulu. Anda beberapa cara menjalankan atau membuka Device Manager. Di jendela Device Manager yang terbuka, tentukan perangkat (hardware device) yang bermasalah (1), klik kanan mouse pada perangkat tersebut untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties (2).

Cara mengembalikan (roll back) driver ke versi sebelumnya

Di jendela Properties dari perangkat yang muncul, pastikan Anda sudah berada di tab Driver (1) dan kemudian klik tombol Roll Back Driver (2).

Cara mengembalikan (roll back) driver ke versi sebelumnya

Jendela Driver Package Roolback yang muncul berikutnya akan memastikan apakah benar Anda ingin kembali ke versi driver sebelumnya dan apa alasanya. Anda dapat memilih salah satu alasan mengapa ingin kembali ke versi driver sebelumnya (1), Anda juga dapat menambahkan alasan lebih rinci di kotak teks Tell us more (2) dan kemudian klik tombol Yes (3) untuk mengembalikan (rool back) ke versi driver sebelumnya.

Cara mengembalikan (roll back) driver ke versi sebelumnya

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It