Cara Memblokir Aplikasi Tidak Diinginkan Di Microsoft Edge Chromium

Aplikasi yang mungkin tidak diinginkan atau Potentially Unwanted Applications (PUA) tidak dianggap sebagai virus, malware atau jenis ancaman lainnya, namun dapat menimbulkan masalah pada titik akhir atau secara tidak langsung dapat meningkatkan resiko. Aplikasi yang mungkin tidak diinginkan juga merujuk pada aplikasi yang memiliki reputasi buruk karena perilakunya.

Aplikasi yang masuk dalam kategori yang mungkin tidak diinginkan (potentially unwanted applications) misalnya saja adalah aplikasi yang menampilkan iklan atau promosi termasuk yang menyisipkan iklan ke halaman website, aplikasi yang menawarkan untuk menginstal aplikasi lain atau aplikasi yang secara efektif dirancang untuk menghindari deteksi produk keamanan.

Baca artikel Memblokir Aplikasi Yang Mungkin Tidak Diinginkan Di Windows 10

Aplikasi yang mungkin tidak diinginkan dapat meningkatkan resiko terinfeksi malware yang sebenarnya, membuat infeksi malware menjadi sulit diidentifikasi atau diperlukan sumber daya (resource) lebih besar untuk membersihkannya. Microsoft Edge Chromium memblokir aplikasi yang mungkin tidak diinginkan dan juga URL terkait. Fitur pemblokiran ini tersedia melalui Microsoft Defender SmartScreen.

Baca artikel:

Secara default, di browser Microsoft Edge Chromium, fitur untuk memblokir aplikasi yang mungkin tidak diinginkan ini dinonaktifkan atau dimatikan. Namun, bila Anda pengguna browser Microsoft Edge Chromium dan ingin menggunakan atau memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mengaktifkannya sebagai berikut:

Buka atau jalankan browser Microsoft Edge Chromium, klik tombol Settings and more (1) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings (2).

Cara mengaktifkan fitur memblokir aplikasi yang mungkin tidak diinginkan di browser Microsoft Edge Chromium

Di halaman Settings yang terbuka, klik tab Privacy and services (1), gulung ke atas dan di kelompok Services (2), klik tombol Swicth Block potentially unwanted apps (3) sehingga menjadi berwarna biru untuk mengaktifkan fitur ini.

Cara mengaktifkan fitur memblokir aplikasi yang mungkin tidak diinginkan di browser Microsoft Edge Chromium
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It