Google, Mozilla Dan Microsoft Menghapus Salinan Ekstensi Dark Reader Berbahaya

Dark Reader adalah ekstensi populer yang banyak diinstal oleh pengguna browser Google Chrome, Mozilla Firefox dan juga Microsoft Edge. Dengan ekstensi browser ini, Anda dapat mengubah tampilan halaman website manapun ke tema gelap (dark mode), meskipun tampilan halaman website yang sebenarnya tidak demikian. Dark reader adalah ekstensi gratis yang dapat diinstal dengan sangat mudah.

Untuk Anda yang tertarik menggunakan ekstensi Dark Reader ini atau yang sejenisnya atau bila Anda sudah mengintalnya baru-baru ini, Anda perlu memastikan bahwa ekstensi yang akan atau yang sudah diinstal adalah benar-benar ekstensi yang berasal dari sumber aslinya (original source) dan bukan ekstensi malware.

Baca artikel Mengaktifkan Mode Gelap Untuk Semua Website Di Browser Microsoft Edge Chromium

Ada beberapa ekstensi browser dengan nama atau perkiraan nama hampir sama yang juga berfungsi mengubah tampilan halaman website ke mode gelap yang juga dapat dijumpai di toko online seperti Google Web Store, Firefox Add-ons atau Microsoft Store. Namun, pengembang ekstensi Dark Reader di blog resminya menyatakan bahwa telah ada juga salinan ekstensi Dark Reader (versi kloning) yang berbahaya.

Google, Mozilla dan Microsoft menghapus salinan ekstensi Dark Reader berbahaya

Dilaporkan bahwa banyak pengguna browser Google Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge telah mengintal ekstensi berbahaya dengan nama semacam "read in dark colors" yang berhasil melewati tinjauan dari pengembang browser. Ekstensi berbahaya ini memiliki kode berbahaya yang disembunyikan.

Teknik malware yang menarik dan cerdik terungkap bahwa kode berbahaya disembunyikan dan mengubah akhiran skrip berbahayanya ke format gambar PNG (*.png). Dalam waktu 5 hari, kode berbahaya tersebut mengunduh dan mengeksekusi kode lain yang kemudian akan mengumpulkan data dari halaman web menggunakan formulir palsu dan mengirimnya ke server yang jauh.

Jika Anda menggunakan ekstensi semacam ini atau mendapati perilaku website yang aneh atau pernah ingat mendapatkan kode keamanan SMS ketika Anda tidak sedang mencoba masuk ke website manapun, alangkah baiknya bila Anda menyetel ulang semua password, menerbitkan kembali (reissue) kartu, menghubungi pihak bank dan juga memeriksa histori aktivitas akun perbankan di browser.

Bila Anda ingin menggunakan ekstensi Dark Reader atau sejenisnya dan tidak ingin terjebak pada ekstensi berbahaya, berikut ini beberapa panduan untuk memilih atau mendapatkan ekstensi web browser:

  • Gunakan ekstensi yang dibuat atau dikembangkan oleh perusahaan terpercaya. Banyak perusahaan besar dan terkenal membuat ekstensi untuk web browser seperti Honey yang dimiliki PayPal atau Google Translate yang dimiliki oleh Google. Perusahaan yang demikian tentu menghargai reputasi dan jauh dari niat jahat.
  • Gunakan ekstensi yang direkomendasikan. Bila Anda pengguna browser Mozilla Firefox, add-on Firefox memiliki program ekstensi yang direkomendasikan. Ini adalah ekstensi terbatas yang telah ditentukan Mozilla melalui tinjauan manual yang mendalam. Chrome web store juga memiliki Editor's Picks section and other collections.
  • Gunakan ekstensi sumber terbuka (open source) terpercaya. Tidak semua ekstensi web browser dibuat atau dikembangkan oleh perusahaan terkenal, tetapi bisa juga oleh individu. Pastikan ekstensi sumber terbuka tersebut memiliki tautan (link) ke GitHub atau repositori sumber terbuka lainnya. Contoh ekstensi sumber terbuka terpercaya adalah uBlock Origin, pemblokir iklan oleh Raymond Hill.
  • Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox memiliki banyak ekstensi gratis, sedangkan ekstensi berbayar lebih umum untuk browser Safari. Bila Anda memilih menggunakan ekstensi berbayar, kecil kemungkinan ekstensi tersebut mengandung atau memiliki kode berbahaya.
  • Coba untuk membaca ulasan dan pastikan bahwa ekstensi tersebut memiliki banyak atau keseluruhan ulasan yang baik. Bila ada beberapa ulasan negatif atau yang kurang baik, pastikan bahwa itu tidak menyangkut hal mendasar yang terkait kode berbahaya.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It