Internet Explorer adalah browser buatan Microsoft Corparation, perusahaan raksasa perangkat lunak sistem operasi Windows dan aplikasi Microsoft Office. Di versi 11, browser Microsoft Internet Explorer telah mengalami begitu banyak perbaikan dan peningkatan. Browser ini sekarang jauh lebih ringan dan dapat memuat (render) halaman web lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Sebagaimana yang diketahui, Microsoft memiliki mesin pencari atau mesin telusur (search engine) bernama Bing sehingga wajar jika search engine default Microsoft Internet Explorer adalah Bing. Sebagaimana search engine dari browser lain yang dapat diganti, Anda juga dapat mengganti search engine yang digunakan browser Microsoft Internet Explorer. Artinya, Anda dapat mengganti Bing dengan search engine lain seperti Google atau Yahoo!.

Baca artikel:

Bila search engine yang ingin digunakan belum ada di daftar search engine dari peramban Microsoft Internet Explorer, Anda dapat terlebih dahulu menambahkan search engine yang ingin digunakan secara manual (baca artikel Menambahkan Search Engine Di icrosoft Internet Explorer). Berikut ini adalah cara mengganti search engine di browser Microsoft Internet Explorer:

Jalankan terlebih dahulu browser Microsoft Internet Explorer. Di sini Anda dapat melihat search engine default adalah Bing..

Mengganti mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Klik ikon gear yang terletak di sudut kanan atas untuk menampikan daftar menu dan kemudian klik atau pilih menu Manage add-on.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Di kotak dialog Manage add-ons yang muncul, pastikan Anda berada di tab Search Providers. Di daftar sebelah kanan, Anda dapat melihat search engine Bing dalam status default. Untuk mengganti Bing dengan search engine lain, misalnya Yahoo!, klik search engine Yahoo! untuk menyorotnya, kemudian klik tombol Set as default dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol Close.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Untuk memastikan bahwa Yahoo! sudah menjadi search engine default di browser Microsoft Internet Explorer, ketikkan kata kunci (keyword) tertentu, misalnya termasmedia dan akhiri dengan menekan tombol keyboard Enter.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Sekarang seaarch engine Yahoo menampilkan semua hasil pencarian yang mengandung kata kunci tersebut dalam bentuk deskripsi singkat. Ini berarti Yahoo! telah menjadi search engine default di browser Microsoft Internet Explorer.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It