Fitur background Save dan Auto Save Recover di Adobe Photoshop

Fitur Background Save Dan Auto Save Recovery Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi pengolah gambar yang populer. Tergantung tingkat kesulitan karya yang ingin dihasilkan, mengedit dengan Adobe Photoshop terkadang butuh waktu yang tidak sebentar dan perlu banyak sentuhan di sana sini. Apa yang Anda rasakan bila semua itu hilang begitu saja karena sesuatu yang tidak terduga terjadi dan Anda juga lupa menyimpan pekerjaan di Photoshop?

Untuk seorang profesional, waktu beberapa menit saja sudah dapat melakukan banyak hal dengan Photoshop. Anda akan kehilangan lebih banyak pekerjaan Anda di Photoshop bila belum atau lupa menyimpannya. Ketika sangat fokus mengedit gambar, memberi sentuhan atau membuat komposisi gambar, sangat mungkin Anda akan lupa menyimpan pekerjaan di Photoshop.

Baca artikel Menjadikan Adobe Photoshop Sebagai Editor Default File Gambar

Menyimpan pekerjaan di Photoshop secara berkala sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya aliran listrik terputus atau aplikasi Adobe Photoshop sendiri mengalami error atau hang karena faktor internal seperti plugin (add-in) atau sebab membuka beberapa file besar sekaligus. Untungnya, mulai di Adobe Photoshop CS6, terdapat fitur baru yaitu Background Save dan Auto Save Recovery untuk meminimalkan resiko tersebut.

Baca artikel Memeriksa Apakah Photoshop Menggunakan Kartu Grafis Terintegrasi Atau Tambahan

Fitur Background Save akan menyimpan file secara otomatis saat Anda bekerja dengan Photoshop, sedangkan fitur Auto Save Recovery membantu memulihkan file ketika komputer atau aplikasi Photoshop bermasalah. Default interval waktu untuk Auto Save Recovery adalah 10 menit. Untuk meminimalkan resiko kehilangan pekerjaan di Adobe Photoshop, Anda perlu mengatur ke interval waktu paling minimal yaitu 5 menit.

Jalankan terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop dan kemudian klik menu Edit (1), kemudian submenu Preferences (2) dan selanjutnya pilih File Handling... (3).

Fitur Background Save dan Auto Save Recovery di Adobe Photoshop

Di kotak dialog File Handling yang muncul, atur interval waktu ke yang paling minimal yaitu 5 menit. Adapun interval waktu yang tersedia adalah 5 sampai dengan 60 menit.

Fitur Background Save dan Auto Save Recovery di Adobe Photoshop

Ketika aplikasi Adobe Photoshop dijalankan kembali setelah mengalami error atau sebab lain, Adobe Photoshop akan menyarankan kepada Anda untuk memulihkan file autosave terakhir, bila tidak, Anda juga dapat membuka file autosave ini secara manual yang tersimpan di folder AutoRecovery. Adapun format file autosave di Adobe Photoshop adalah PSB yang pada dasarnya sama dengan format PSD.

C:\Users\UserName\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CS6\AutoRecover

Yang perlu diketahui di sini adalah bahwa AppData adalah folder tersembunyi sehinga file dan folder lain yang ada di dalamnya juga tidak akan terlihat. Untuk dapat mengakses file autosave (.psb), Anda perlu menampilkan file dan folder yang tersembunyi terlebih dahulu. Sekali file autosave (.psb) ini dibuka, Adobe Photoshop kemudian menghapusnya. Oleh karena itu, bila diperlukan di kemudian hari, terlebih dahulu Anda dapat menyalin (copy) dan meletakkan salinan file PSB ini di folder lain sebelum membukanya.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It