Internet adalah perpustakaan digital terbesar di dunia. Internet berisi banyak sekali informasi dengan berbagai tema. Anda dapat dengan mudah memporoleh informasi apapun yang Anda cari. Informasi ditampilkan pada halaman web (web page) dengan konten terdiri dari teks, gambar, video dan audio. Informasi disajikan per tema, tidak utuh dan terurut seperti sebuah buku, biasanya menyediakan link (tautan) untuk menuju ke halaman web lain.

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak terkait tema yang dibaca, Anda bisa mengklik link yang tersedia untuk membuka halaman web lain yang masih memiliki tema atau bahasan yang relevan. Lalu, bagaimana bila Anda merasa bahwa informasi yang disajikan tidak bisa memenuhi semua keingintahuan Anda dan juga tidak tersedia link yang bisa diklik untuk menggali informasi lebih lanjut?

Bila demikian, yang umum dilakukan adalah membuka tab baru browser, mengetik kata kunci atau keyword sesuai tema yang dicari dan kemudian memilih salah satu artikel dari daftar hasil pencarian search engine (SERP). Cara ini biasa dilakukan banyak orang untuk memperoleh informasi lebih lengkap, namun ada cara yang lebih praktis tanpa harus membuka tab baru dan mengetikkan kata kunci.

Baca artikel Pentingnya Memperbarui (Update) Browser

Ketika membaca artikel, biasanya ada kata atau frase yang dianggap penting namun tidak diperjelas, sedangkan Anda menganggap perlu menggali informasi lebih banyak terkait kata atau frase tersebut. Anda tidak harus membuka tab baru browser dan mengetikkan kata atau frase untuk mendapatkan artikel terkait. Anda cukup menyorot kata atau frase, mengklik kanan mouse dan menginstruksikan search engine mencari artikel relevan serta membuka hasil pencarian di tab baru browser melalui menu pintas (shortcut menu).

Baca artikel:

Cara yang demikian lebih praktis dan cepat dibandingkan cara manual dengan membuka tab baru terlebih dahulu dan mengetikkan kata kunci. Menu pintas yang menginstruksikan search engine untuk mencari artikel relevan dengan kata atau frase yang disorot bisa berbeda, demikian juga dengan hasil pencarian oleh search engine (SERP) juga bisa berbeda. Hal ini tergantung dari search engine yang digunakan oleh setiap browser.

Berikut ini adalah cara melakukan pencarian cepat di beberapa browser melalui menu pintas (shortcut menu) klik kanan mouse dan hasil pencarian oleh search engine Google dan Bing:

1. Browser Google Chrome, search engine Google.

Google Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan untuk menjelajahi internet. Bila Anda menggunakan browser ini dan mendapati kata atau frase pada halaman web yang informasinya ingin digali lebih lanjut, Anda cukup menyorot kata atau frase, misalnya browser anonim, klik kanan mouse pada kata atau frase yang disorot dan dari daftar menu pintas (shortcut menu) yang muncul, pilih Search Google for "browser anonim"

Baca artikel Mengunduh (Download) Offline Installer Google Chrome

Cara mencari cepat di browser dengan menu pintas klik kanan

Frase "browser anonim" adalah kata kunci yang digunakan oleh search engine untuk mencari artikel yang terkait dengan kata kunci tersebut dan menampilkan hasil pencarian berupa daftar artikel di tab baru browser. Anda selanjutnya dapat memilih atau mengklik salah satu artikel di hasil pencarian search engine yang kontennya ingin dibaca.

Baca artikel:

Cara mencari cepat di browser dengan menu pintas klik kanan

2. Browser Mozilla Firefox, search engine Google.

Mozilla Firefox adalah browser yang juga banyak digunakan saat ini. Pada rilis versi 57.0 (Firefox Quantum) beberapa tahun lalu, Mozilla Firefox mendapatkan update besar pada antarmuka (user interface), kecepatan dan penggunaan memori. Sekarang ini, kecepatan dan penggunaan memori browser Mozilla Firefox lebih baik bila dibandingkan dengan browser Google Chrome.

Cara mencari cepat di browser dengan menu pintas klik kanan

Bila Anda menggunakan browser Mozilla Firefox dengan search engine Google, maka menu pintas yang digunakan untuk pencarian cepat dan hasil pencarian oleh search engine akan sama persis dengan browser Google Chrome dengan search engine Google. Di sini dapat disimpulkan bahwa menu pintas dan hasil pencarian akan sama bila menggunakan search engine yang sama meskipun browser yang digunakan berbeda.

Baca artikel:

3. Browser Microsoft Edge, search engine Bing.

Microsoft Edge adalah browser baru Microsoft yang disematkan di sistem operasi Microsoft Windows 10 untuk menggantikan browser lama Microsoft Internet Explorer. Secara default, bila Anda belum melakukan perubahan, search engine yang digunakan oleh browser Microsoft Edge adalah Bing. Bing ini adalah search engine yang berasal dari search engine Microsoft sebelumnya yaitu MSN Search.

Baca artikel Mengganti Search Engine Di Microsoft Edge

Cara mencari cepat di browser dengan menu pintas klik kanan

Bila Anda pengguna browser Microsoft Edge, maka menu pintas yang digunakan untuk pencarian cepat di browser ini agak berbeda dan hasil pencarian oleh search engine Bing juga berbeda bila dibandingkan dengan hasil pencarian search engine Google. Di bawah ini adalah hasil pencarian oleh search engine Bing untuk kata kunci (keyword) yang sama.

Cara mencari cepat di browser dengan menu pintas klik kanan
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It