memblokir-perangkat-terkoneksi-jaringan-wifi-indihome-modem-zte
Memblokir Perangkat Terkoneksi Jaringan WiFi Indihome
Ada beberapa jasa layanan internet di Indonesia, baik untuk korporasi maupun rumahan, salah satunya adalah Indihome. Dalam memberikan layanan, Indihome menggunakan tiga merek modem yaitu Huawei, ZTE dan Fiberhome. Perbedaan ketiga merek modem terletak pada antarmuka (user interface), sedangkan untuk fitur dapat dikatakan hampir sama. Bila mungkin ada perbedaan fitur, itu hanya sedikit karena berbeda pabrikan pembuat modem.

Modem Indihome ini akan bertindak sebagai access point dimana lebih dari satu perangkat (device) terhubung membentuk jaringan, baik secara wireless (tanpa kabel) maupun dengan kabel melalui port RJ 54 yang tersedia di modem tersebut. Jaringan wireless memanfaatkan sinyal frekuensi radio dan jaringan ini disebut dengan WiFi network. Melalui modem, semua perangkat yang terhubung dapat mengakses internet.

Baca artikel Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Layanan Internet ISP Bisa Rendah

Pengguna jasa layanaan internet ISP tidak terlepas dari gangguan orang lain yang berusaha untuk mengakses internet melalui layanan internet Anda tanpa izin. Anda mungkin baru menyadari ini ketika akses internet menjadi semakin lambat. Ketika diperiksa, ada satu atau lebih perangkat yang tidak dikenal terkoneksi ke modem Anda. Bila demikian, Anda perlu memutus akses internet perangkat tersebut dengan cara memblokirnya.

Baca artikel Memblokir Perangkat Yang Terkoneksi Jaringan Wi-Fi

Melalui modem Indihome merek yang mana saja, Anda dapat memblokir perangkat tidak dikenal agar tidak dapat mengakses internet. Umumnya, perangkat diblokir menggunakan MAC (Media Access Control) address yaitu nomor atau kode identifikasi unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat di dalam jaringan komputer. Untuk itu, Anda perlu mengetahui MAC address dari parangkat yang akan diblokir.

Baca artikel:

Bila ini sulit, minimal Anda mengentahui MAC Address semua perangkat yang Anda izinkan untuk terkoneksi ke modem tersebut, maka selebihnya adalah perangkat tidak dikenal yang terkoneksi ke modem Anda untuk mengakses internet tanpa izin. Mengetahui MAC Address perangkat, baik PC, laptop, tablet atau smartphone Android tidak sulit.

Ketiga merek modem yang digunakan di layanan Indihome memiliki fitur untuk memblokir perangkat, hanya saja masing-masing memiliki cara berbeda. Di artikel kali ini, ditunjukkan cara memblokir perangkat yang terkoneksi WiFi Indihome modem ZTE F670L. Perlu diketahui, ada dua tipe akun yang dapat digunakan untuk masuk dan mengakses fitur modem ZTE Indihome yaitu akun admin dan akun user.

Bila Anda masuk melalui akun admin, Anda dapat menggunakan semua fitur yang tersedia di modem ZTE tersebut (penuh), bila melalui akun user, Anda hanya dapat mengakses sebagian fitur saja (terbatas). Kedua akun tersebut sama-sama bisa digunakan untuk memblokir perangkat, namun dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah cara memblokir perangkat yang terkoneksi WiFi Indihome Modem ZTE melalui akun admin.

Menggunakan akun admin adalah cara yang lebih mudah untuk memblokir perangkat yang terkoneksi ke modem ZTE F670L. Anda bisa masuk (login) menggunakan user admin dengan password admin atau Telkomdso123. Buka web browser, ketik http://192.168.1.1/ di address bar browser dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Di halaman login, masukkan username dan password (1) dan kemudian klik tombol Login (2). Memblokir perangkat terkoneksi WiFi Indihome Modem ZTE

Di halaman berikutnya yang muncul, klik tab Internet (1), tab Security (2) dan kemudian tab Filter Criteria (3). Di bagian Filter Switch And Mode Configuration, klik tombol radio On dari MAC Filter (4), pilih Black List untuk mode (5) dan kemudian klik tombol Apply (6). Untuk mulai memblokir perangkat melalui MAC Address, klik anak panah MAC Filter (7).

Memblokir perangkat terkoneksi WiFi Indihome Modem ZTE

Di bagian MAC Filter ini, beri nama untuk pemblokiran perangkat (1), bisa nama apa saja sampai 10 karakter, pilih Bridge And Routing untuk tipe pemblokiran (2) dan biarkan nilai default Any untuk Protocol (3). Di Source MAC Address, klik link Select from the associated device (4) untuk menampilkan nama perangkat dan MAC Address-nya, klik tombol radio dari perangkat yang ingin diblokir (5) dan nilai MAC Address akan otomatis mengisi kotak-kotak kosong (6) di atasnya.

Memblokir perangkat terkoneksi WiFi Indihome Modem ZTE

Berikutnya, di Definition MAC Address, klik link Select from the associated device (1) untuk menampilkan nama perangkat dan MAC Address-nya, klik tombol radio untuk perangkat yang sama dengan perangkat yang sudah dipilih sebelumnya (2) dan nilai MAC Address akan otomatis mengisi kotak-kotak kosong (3) di atasnya dan kemudian klik tombol Apply (4) untuk mulai memblokir perangkat tersebut. Bila Anda ingin memblokir perangkat lainnya, klik tombol Create New Item (5) dan ulangi langkah di atas.

Memblokir perangkat terkoneksi WiFi Indihome Modem ZTE

Bila dikemudian hari Anda ingin menghapus pemblokiran perangkat yang sudah Anda buat, Anda dapat kembali ke bagian MAC Filter dan kemudian klik ikon tong sampah yang ada di sebelah kanan nama pemblokiran perangkat.

Memblokir perangkat terkoneksi WiFi Indihome Modem ZTE
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It