Kecepatan Layanan Internet ISP

Apakah Anda pelanggan salah satu ISP (Internet Service Provider) yang meyediakan layanan internet berkecepatan tinggi (broadband)? Saat ini, banyak ISP menawarkan berbagai paket layanan internet broadband. ISP tentu akan melakukan promosi bahwa layanan internet yang diberikan adalah yang terbaik. Hal ini wajar mengingat adanya persaingan antara sesama ISP. Setiap ISP akan melakukan promosi terbaik kepada calon pelanggan.

Salah satu yang banyak ditawarkan oleh ISP untuk menarik pelanggan adalah kecepatan layanan internet dengan biaya lebih terjangkau. Dengan pertimbangan biaya terjangkau ini, diharapkan banyak pelanggan baru akan mengambil paket layanan internet. Namun, tidak sedikit pelanggan ISP yang mengeluhkan bahwa kecepatan internet tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan. Sebagai pengguna layanan internet, Anda perlu lebih selektif dalam memilih ISP bila tidak ingin berujung kekecewaan.

Anda dapat bertanya kepada orang lain yang telah menggunakan layanan internet dari ISP yang sama atau mencari informasi di internet tentang layanan internet dari ISP tersebut. Lebih pastinya, Anda dapat mengambil layanan internet tersebut untuk jangka waktu tertentu guna memastikan bahwa kecepatan layanan internet yang diberikan benar adanya. Anda dapat mengukur kecepatan internet melalui website yang meyediakan layanan gratis untuk mengukur kecepatan internet.

Baca artikel terkait:

Sebenarnya, ada cukup banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan layanan internet. ISP dalam mempromosikan layanannya tentu akan optimis dengan menyebutkan angka kecepatan tertentu dari layanan internetnya, meskipun kenyataannya bisa lebih rendah. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan layanan internet ISP:

  • Masalah hardware. Penggunaan hardware lama dapat mempengaruhi kecepatan layanan yang ditawarkan. Hardware lama bisa menyebabkan kecepatan layanan internet lebih rendah sehingga berbeda dengan kecepatan yang dijanjikan. Hardware lama cenderung tidak dapat mengimbangi kecepatan layanan internet yang ada saat ini.
  • Konfigurasi router. Sebagaimana perangkat lain pada umumnya, Wi-Fi perlu dikonfigurasi dengan benar. Anda tidak cukup hanya mengeluarkan dari kardus, mengkoneksikan semua kabel dan menyalakannya. Pengkonfigurasian Wi-Fi yang tidak semestinya dapat menurunkan performa yang pada akhirnya menurunkan kecepatan layanan internet.
  • Jarak dari ISP. Umumnya, keberadaan Anda yang jauh dari ISP dapat menurunkan kecepatan layanan internet karena lemahnya sinyal yang diterima. Ini terbukti bila Anda tinggal di daerah pinggiran atau pedesaan akan mendapatkan sinyal yang lebih lemah dibandingkan Anda tinggal di daerah perkotaan.
  • Jam sibuk. Ada saat dimana Anda akan mendapatkan penurunan kecepatan layanan internet terutama pada jam-jam sibuk (peak hours). Ini disebabkan karena banyaknya orang yang menggunakan jalur koneksi bersama pada jam-jam tersebut.
  • Kongesti. Kongesti atau kemacetan dapat terjadi ketika Anda dan klien-klien lain dari ISP yang sama menggunakan jalur koneksi internet yang sama. Anda dan klien-klien lainnya akan berkompetisi untuk pemakaian jalur internet. Anda dapat membayangkan bagaimana ketika Anda dan klien-klien lainnya bersama-sama mengunduh file berukuran besar menggunakan aplikasi torrent.
  • Pelambatan. ISP dapat melakukan pelambatan (throlling) untuk jenis trafik tertentu, seperti trafik peer-to-peer. Sekalipun ISP dalam promosinya sering mengatakan penggunaan "unlimited", pada kenyataannya mereka mungkin akan menurunkan kecepatan layanan internetnya untuk sisa bulan setelah Anda mencapai jumlah tertentu dari data yang telah diunduh (download).
  • Masalah dari sisi server. Anda mungkin merasa dibohongi kenapa kecepatan mengunduh (download) lebih rendah dari yang dijanjikan. Kemungkinan masalah ini dapat terjadi dari kecepatan server dari mana Anda mengunduh dan juga adanya pelambatan pada salah satu router di antara router-router yang ada.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It