Android adalah sistem operasi perangkat mobile yang paling banyak digunakan saat ini. Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet dari berbagai produsen banyak menggunakan sistem operasi android ini. Selain melalui paket data dari operator telekomunikasi seluler, cara lain untuk mengakses internet di perangkat Android adalah dengan mengkoneksikan ke Access Point (Wireless Router atau Wi-Fi).

Setiap perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi memiliki nomor atau kode identifikasi unik yang disebut dengan MAC address (physical address atau hardware address), tidak terkecuali perangkat Android yang Anda gunakan. MAC address ini digunakan untuk mengidentifikasi masing-masing perangkat di dalam jaringan Wi-Fi tersebut.

Baca artikel:

Mengetahui MAC address sebuah perangkat cukup penting. Anda dapat mengatur router untuk membolehkan atau memblokir perangkat terkoneksi ke jaringan Wi-Fi berdasarkan MAC address. Dengan demikian, seskipun IP address perangkat berubah karena konfigurasi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), perangkat tetap bisa diidentifikasi berdasarkan MAC address.

Baca artikel:

Berikut ini adalah cara menemukan atau mengetahui MAC address di perangkat Android. Di contoh ini digunakan smartphone Motorola Moto G dengan sistem operasi Android 5 (Lollipop).

Di smartphone Motorola Moto G, buka Settings (pengaturan).

Cara menemukan atau mengetahui mac address di android

Di bagian Settings, gulung ke bawah dan kemudian ketuk About phone.

Cara menemukan atau mengetahui mac address di android

Di bagian About phone, ketuk Status (Phone number, signal, etc).

Cara menemukan atau mengetahui mac address di android

Di bagian Status, Anda dapat menemukan atau mengetahui MAC address dari smartphone Android Motorola Moto G.

Cara menemukan atau mengetahui mac address di android
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It