Dimulai dari Windows 8, Microsoft telah melakukan perubahan besar pada sistem operasi Windows terkait dengan user interface dan yang utama yaitu fitur-fitur yang menyertainya. Perubahan besar ini dapat dirasakan pengguna setia Microsoft Windows yang telah menggunakan Windows mulai versi sebelumnya. Perubahan pada Windows ini terus berlanjut sampai pada versi Windows saat ini, Windows 10.

Salah satu fitur penting yang mulai disertakan di Windows 8 adalah fitur perbaikan (Windows repair tools). Di Windows 8, fitur ini ada dalam dua dengan nama yang sedikit agak berbeda yaitu Refresh Your PC dan Reset Your PC. Di Windows 10 dibuat lebih mudah dengan hanya satu opsi yaitu Reset this PC. Reset this PC adalah fitur perbaikan untuk sistem operasi Microsoft Windows yang mengalami masalah serius.

Banyak masalah bisa terjadi pada Microsoft Windows Anda. Namun pada umumnya, sebagian besar masalah bisa diperbaiki melalui berbagai opsi troubleshooting atau Anda dapat mencari solusi perbaikan Windows melalui artikel atau forum di internet. Fitur Reser this PC adalah upaya terakhir ketika segala cara memperbaiki Windows tidak membuahkan hasil dan Anda sudah tidak mempunyai ide lagi.

Penggunaan fitur Reset this PC mempunyai dua opsi yang perlu dipilih dengan sangat hati-hati. Opsi pertama adalah tidak menghapus file-file Anda tetapi akan menghapus aplikasi dan pengaturan, sedangkan opsi kedua akan menghapus semuanya yaitu file-file, aplikasi dan juga pengaturan.

Reset this PC berkerja dengan menghapus aplikasi, program dan juga file (tergantung opsi yang dipilih), mengembalikan pengaturan (settings) ke standar pabrikan (factory default settings) dan kemudian menginstal ulang Windows. Penggunaan fitur Reset this PC ini sama dengan Anda menginstal ulang Windows (Windows clean install) namun dengan kemudahan dan tawaran opsi. Berikut ini cara menggunakan fitur Reset this PC di Microsoft Window 10:

Klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian klik tombol Setting. Di jendela Windows Settings yang muncul klik Update & Security.

Reset this PC, fitur untuk memperbaiki windows bermasalah

Di jendela Settings - Update & Security, pilih Recovery (1) dan kemudian klik tombol Get Started (2) dari Reset this PC.

Reset this PC, fitur untuk memperbaiki windows bermasalah

Di kotak dialog Reset this PC yang muncul, Anda dapat memilih salah satu opsi yang diberikan Keep my files atau Remove everything. Misalnya, di contoh ini memilih Keep my files.

Reset this PC, fitur untuk memperbaiki windows bermasalah

Masih di kotak dialog Reset this PC, opsi pertama tidak akan menghapus file Anda namun akan menghapus aplikasi yang terinstal di Windows. Anda dapat menginstal kembali aplikasi yang hilang nantinya. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Reset this PC, fitur untuk memperbaiki windows bermasalah

Di kotak dialog Reset this PC berikutnya, Anda siap untuk memulai proses. Proses reset PC memerlukan waktu berbeda, bisa satu jam atau lebih dan PC akan melakukan restart beberapa kali. Pastikan ketersediaan daya komputer cukup untuk proses ini. Klim tombol Reset untuk memulai proses.

Reset this PC, fitur untuk memperbaiki windows bermasalah

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner