Mengulang kembali (restart) driver kartu grafis (graphics card) di Windows 10

Sebagai pengguna lama Microsoft Windows, Anda mungkin pernah mengalami sendiri masalah pada komputer seperti tampilan layar hitam, keyboard atau mouse tidak merespon sama sekali atau screen frozen. Masalah-masalah ini mungkin ada kaitannya dengan grafis atau display yang tidak bekerja sebagaimana yang diharapkan. Ini bisa jadi karena driver grafis (graphics driver) sedang mengalami masalah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba mengulang kembali (restart) driver kartu grafis atau display adapter. Mulai di Windows 8, Windows memiliki pintasan keyboard (keyboard shortcut) untuk mengulang kembali (restart) driver kartu grafis. Untuk mengulang kembali driver kartu grafis di Wndows 8 atau Windows 10, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Win+Ctrl+Shift+B.

Baca artikel:

Ketika pintasan keyboard digunakan, layar akan berkedip, berubah tampilkan menjadi hitam dan juga terdengar bunyi beep. Sesaat kemudian, segala sesuatunya kembali muncul atau tampil seperti sebelum Anda menggunakan pintasan keyboard. Semua aplikasi yang sebelumnya terbuka akan tetap terbuka dan pekerjaan Anda juga tidak akan hilang. Pintasan keyboard ini mengulang kembali driver kartu grafis untuk NVIDIA, AMD dan juga Intel.

Baca artikel:

Jika cara di atas tidak memperbaiki masalah yang terjadi, mungkin saja driver tersebut mengalami corrupt atau driver lama sudah tidak kompatibel dengan update Windows terbaru. Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara uninstal driver dan restart Windows. Windows seharusnya menginstal kembali secara otomatis driver yang diperlukan melalui sistem Windows Update.

Cara mengulang kembali (restart) driver kartu grafis (graphics card) di Windows 10

Pada situasi dimana Windows tidak menginstal driver yang diperlukan, Anda dapat mencoba untuk menginstal driver secara manual melalui opsi Update driver.

Baca artikel Update Driver NVIDIA High Definition Audio Langsung Dari Produsen

Cara mengulang kembali (restart) driver kartu grafis (graphics card) di Windows 10

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It