Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows

Cara Ekspor Dan Impor Firewall Rules Di Windows 10

Windows Firewall adalah aplikasi proteksi untuk Microsoft Windows dari lalu lintas (trafik) yang tidak diinginkan. Windows Firewall merupakan aplikasi bawaan (built-in) Microsoft Windows. Di setiap instalasi Microsoft Windows sudah terdapat Windows Firewall. Windows Firewall digunakan untuk memblokir program atau aplikasi dari mengakses internet atau segmen jaringan lain.

Untuk memblokir program atau aplikasi dengan Windows Firewall, Anda perlu membuat Firewall rules (aturan-aturan), baik rules untuk lalu lintas yang datang dari internet atau segmen jaringan lain menuju komputer (inbound rules) atau rules untuk lalu lintas yang keluar dari komputer menuju internet atau segmen jaringan lain (outbound rules).

Baca artikel Memblokir Program Atau Aplikasi Dengan Windows Firewall

Ketika banyak program atau aplikasi diblokir dengan Windows Firewall, maka banyak pula Firewall rules yang dibuat. Anda dapat menggunakan Firewall rules yang sudah ada untuk digunakan di komputer lain atau di komputer Anda lagi setelah melakukan clean install. Misalnya, Anda baru saja membeli komputer baru dan kemudian akan mengkonfigurasi komputer baru ini dengan Firewall rules yang sama dengan komputer Anda sebelumnya.

Baca artikel:

Untuk maksud tersebut, Anda dapat melakukan ekspor (backup) dan impor (restore) Firewall rules yang sudah ada. Melakukan ekspor (backup) Firewall rules sangat penting karena Anda tidak perlu membuat ulang Firewall rules yang sama untuk komputer lain. Anda dapat melakukan impor dan ekspor Firewall rules melalui pengaturan lanjutan (advanced settings). Berikut ini adalah caranya:

1. Ekspor (backup) Firewall rules.

Buka kotak dialog Run menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows+R, di kotak dialog Run yang muncul, ketik wf.msc dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows 10

Di jendela Windows Defender Firewall with Advanced Security, klik menu Option (1) dan kemudian pilih Export Policy... (2).

Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows 10

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan (1), beri nama file (2) dan kemudian klik tombol Save (3).

Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows 10

Selanjutnya akan muncul pesan bahwa ekspor Firewall rules sukses. Klik tombol OK untuk mengakhiri.

2. Impor (restore) Firewall rules.

Buka kotak dialog Run seperti langkah pertama di atas, di jendela Windows Defender Firewall with Advanced Security, klik menu Option (1) dan kemudian pilih Import Policy... (2).

Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows 10

Muncul pesan peringatan bahwa mengimport policy (Firewall rules) akan menimpa atau menghapus Firewall rules yang sudah ada. Klik tombol Yes untuk melanjutkan.

Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows 10

Di kotak dialog Open yang terbuka, tentukan drive atau folder penyimpanan dari file Firewall rules yang diekspor atau backup (1), klik file hasil ekspor Firewall rules (2) dan kemudian klik tombol Open (3).

Cara ekspor impor (backup restore) Firewall rules di Windows 10

Selanjutnya akan muncul pesan bahwa impor Firewall rules sukses. Klik tombol OK untuk mengakhiri.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It