Persyaratan (kebutuhan) sistem minimum untuk menjalankan Windows 10

Persyaratan Atau Kebutuhan Sistem Minimum Untuk Menjalankan Windows 10

Meskipun Windows 10 sudah lama dirilis, namun masih ada saja komputer, baik desktop maupun laptop yang menggunakan Windows 7 atau Window 8.1. Pada awal rilis Windows 10, Microsoft telah menawarkan upgrade gratis dari Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1 ke Windows 10. Meskipun ada penawaran upgrade gratis, nyatanya tetap ada yang bertahan menggunakan Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1.

Salah satu alasan tidak melakukan upgrade adalah anggapan bahwa Windows 10 adalah sistem operasi yang berat. Mereka menduga bahwa komputer yang menjalankan Windows 7 atau Windows 8.1 tidak akan mampu menjalankan Windows 10. Seandainya bisa, performa Windows dan user experience akan menjadi masalah besar.

Baca artikel Mendapatkan File ISO Windows 10 Secara Resmi Dan Legal

Sebelum merilis Windows 10, Microsoft juga telah memberi informasi yang terkait dengan persyaratan atau kebutuhan sistem minimum (minimum system requirenment) perangkat komputer untuk menjalankan Windows 10, terutama sekali untuk tiga komponen atau hardware yaitu prosesor (CPU), hard drive (HDD) dan Memori (RAM) yang dapat memberi dampak paling signifikan pada performa komputer.

Syarat Sistem Minimun Untuk Windows 10

Prosesor (CPU) 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat
Memori (RAM) 1 gigabyte (GB) untuk Windows 32-bit atau 2 GB untuk Windows 64-bit
Hard drive (HDD) 32 GB atau yang lebih besar
Kartu grafis Kompatibel dengan DirectX 9 atau yang lebih baru. Baca artikel apa itu DirectX dan cara mengetahui versi DirectX yang terinstal di komputer
Resolusi layar 800 x 600 atau yang lebih besar
Koneksi internet Koneksi internet cepat mana saja yang diperlukan untuk otentikasi, pengaturan perangkat awal dan pembaruan.

Anda kemudin dapat membandingkan antara sistem komputer yang Anda gunakan dengan pernyaratan atau kebutuhan sistem mminimum untuk menjalankan Windows 10. Bila sistem komputer Anda melampui atau di atas persyaratan atau kebutuhan sistem minimum, maka akan semakin kecil Anda memiliki masalah performa dan user experience dengan Windows 10.

Kartu grafis yang dimaksud tidak harus kartu grafis berdiri sendiri (add-on graphics card), bisa juga kartu grafis terintegrasi (onboard graphics card). Motherboard umumnya sudah memiliki chipset grafis seperti chipset Intel dengan grafis Intel. Chipset grafis seperti ini akan mengambil sebagian memori dari RAM.

Microsoft terkadang juga melakukan pembaruan atau update persyaratan atau kebutuhan sistem minimum perangkat komputer yang menjalankan Windows 10. Namun hal ini jarang terjadi. Persyaratan atau kebutuhan sistem minimum untuk menjalankan Windows 10 di atas masih relevan untuk Windows 10 saat ini.

Baca artikel:

Meskipun perangkat komputer dengan persyaratan atau kebutuhan sistem minimum dapat menjalankan Windows 10, namun Anda jangan terlalu berharap lebih untuk mendapatkan performa dan user experience yang baik. Persyaratan atau kebutuhan sistem minimum tersebut dimaksudkan untuk bisa menjalankan software Windows 10.

Microsoft sendiri telah mengakhiri dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2020 lalu. Bila persyaratan atau kebutuhan sistem minimum pada komputer Windows 7 Anda terpenuhi, Anda dapat mencoba upgrade ke Windows 10. Sangat beresiko tetap menjalankan Windows 7 yang sudah tidak didukung lagi dari aspek keamanannya.

Persyaratan (kebutuhan) sistem minimum untuk menjalankan Windows 10

Beberapa sumber di internet menyatakan bahwa meskipun upgrade gratis dari Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1 ke Windows 10 telah selesai, nampaknya perusahaan tetap melanjutkan mengaktivasi lisensi Windows 10 untuk mereka yang melakukan upgrade dari Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1. Anda dapat mencobanya dengan cara:

  • Buat cadangan (backup) untuk dokumen atau data penting Anda.
  • Kunjungi website resmi microsoft untuk halaman unduhan Windows 10.
  • Di bagian Create Windows 10 installation media, klik tombol Download tool now untuk mengunduh (download) file MediaCreationTool.exe dan kemudian jalankan file yang baru diunduh tersebut.
  • Saat diminta, pilih atau klik tombol radio radio button) Upgrade this PC now, klik tombol Next dan ikuti langkah berikutnya.
  • Ketika proses upgrade selesai, Anda seharusnya menerima lisensi digital untuk Windows 10 dan dapat ditemukan di Settings > Update & Security > Activation.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It