Sistem operasi Microsoft Windows terus mengalami penyempurnaan melalui update-update utama yang diberikan oleh Microsoft. Peningkatan Microsoft Windows dapat dilihat dari hadirnya banyak fitur baru, aplikasi built-in baru dan juga peningkatan pada fitur di aplikasi built-in yang sudah ada sebelumnya. Salah satu aplikasi built-in yang mendapatkan peningkatan fitur adalah Command Prompt.

Command Prompt adalah salah satu aplikasi built-in yang sudah lama ada di Microsoft Windows dimulai sejak Windows 2000. Di sistem operasi Microsoft Windows 10, ada banyak fitur baru yang telah ditambahkan di aplikasi Command Prompt seperti antar muka transparan, mode layar penuh, seleksi teks dan opsi pengeditan yang mudah, pintasan keyboard tambahan dan lain sebagainya.

Artikel terkait lainnya:

Ini adalah peningkatan baik setelah sekian lama Command Prompt nyaris tidak berubah. Secara bawaan, fitur-fitur baru Command Prompt dinonaktifkan untuk alasan kesesuaian (compatibility reason). Untuk bisa memanfaatkan fitur baru yang terdapat di Command Prompt, Anda perlu untuk mengaktifkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10:

Artikel menarik lainnya:

Jalankan terlebih dahulu Command Prompt dengan mengklik tombol Start > Windows System > Command Prompt.

Mengaktifkan fitur baru Command Prompt di Windows 10

Klik kanan (right-click) di area title bar Command Prompt untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties.

Mengaktifkan fitur baru Command Prompt di Windows 10

Di kotak dialog "Command Prompt" Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Options. Di area bagian bawah, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Use legacy console (requires relaunch) dan kemudian klik tombol OK. 

Mengaktifkan fitur baru Command Prompt di Windows 10

Untuk melihat hasil perubahan pengaturan yang telah dilakukan, tutup jendela Command Prompt untuk sementara waktu dan kemudian jalankan kembali Command Prompt. Untuk kali ini, Anda akan diperlihatkan pada salah satu fitur barunya yaitu antar muka yang transparan.

Klik kanan kembali di area title bar Command Prompt untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Properties. Di kotak dialog "Command Prompt" Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Color. Di area bawah di bagian Opacity, geser tombol slider ke kiri untuk melihat efek transparan, apabila sudah cukup, klik tombol OK untuk mengakhiri.

Mengaktifkan fitur baru Command Prompt di Windows 10

Sekarang Anda dapat melihat, antar muka Command Prompt telah memiliki efek transparan.

Mengaktifkan fitur baru Command Prompt di Windows 10

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner