Distro Linux terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

5 Distro Linux Terbaik Untuk Perangkat Raspberry Pi

Raspberry Pi adalah komputer papan tunggal (single-board computer) berukuran kecil yang dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation yaitu badan amal pendidikan di Inggris. Debut pertama Raspberry Pi yaitu Raspberry Pi Model B dimulai pada tahun 2012. Sejak saat itu, produk berikutnya banyak digunakan untuk berbagai proyek seperti web server, security system, multimedia center, robotik, game server, smart Wi-Fi router dan proyek-proyek Pi lainnya.

Sebagaimana komputer umumnya, perangkat Raspberry Pi juga tidak ada artinya tanpa adanya software sistem operasi. Sistem operasi bertugas mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Pengguna perangkat Raspberry Pi sudah mengetahui bahwa Raspbian OS adalah sistem operasi resmi yang direkomendasikan oleh Raspberry Pi Foundation untuk penggunaan normal perangkat Raspberry Pi.

Raspbian adalah turunan dari distro Linux Debian 32-bit yang secara khusus dioptimalkan untuk perangkat Raspberry Pi yang masih memiliki RAM maksimal 4GB. Pada May 2020, Raspberry Pi Foundation mengeluarkan varian Raspberry Pi 4 8GB RAM dan juga mengubah secara resmi nama sistem operasi untuk perangkat Raspberry Pi dari "Raspbian" menjadi "Raspberry Pi OS". Sekarang, Rapsberry Pi Foundation mendukung dua versi Raspberry Pi OS yaitu Raspberry Pi OS 32-bit dan 64-bit.

Raspberry Pi OS bukan satu-satunya sistem operasi yang berjalan di perangkat Raspberry Pi. Selain Raspberry Pi OS, ada cukup banyak sistem operasi lain, termasuk beberapa distro Linux yang bisa menjadi sistem operasi alternatif untuk perangkat Raspberry Pi. Berikut ini adalah beberapa distro Linux, termasuk Raspberry Pi OS, sebagai sistem operasi terbaik dan kompatibel untuk perangkat Raspberry Pi:

Baca artikel:

1. Raspberry Pi OS.

Distro Linux terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

Raspberry Pi OS adalah sistem operasi resmi perangkat Raspberry Pi yang direkomendasikan Raspberry Pi Foundation. Sebelum berubah nama menjadi Raspberry Pi OS, sistem operasi yang digunakan adalah Raspbian OS yang merupakan turunan dari distro Linux Debian 32-bit. Sekarang, terdapat dua versi Raspberry Pi OS yang disediakan Raspberry Pi Foundation yaitu Raspberry Pi OS 32-bit dan 64-bit. Raspberry Pi OS tetap menjadi pilihan utama dan terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

Raspberry Pi OS 32-bit masih menggunakan kode sumber dari proyek Raspbian, sedangkan versi 64-bit menggunakan Debian arm64. Raspberry Pi OS 64-bit saat ini masih dalam rilis beta dan terus dipersiapkan. Versi Raspberry Pi OS 64-bit ini membolehkan penggunaan aplikasi 64-bit yang dapat mengkonsumsi lebih dari 4GB RAM sehingga kecepatan dan performanya akan meningkat ketika digunakan pada Raspberry Pi 4 8GB RAM.

Raspberry Pi OS 32-bit atau Raspbian menggunakan lingkungan desktop PIXEL (Pi Improved XWindows Enviroment Lightwight) yang merupakan varian dari LXDE serta pengelola window Openbox. Raspbian hadir dengan beberapa perangkat lunak (software) pra-instal untuk pendidikan, komputasi umum dan pemrograman. Raspbian adalah distro Linux untuk perangkat Raspberry Pi yang fantastis, mudah diinstal dan dilakukan penyesuaian.

2. Ubuntu MATE.

Distro Linux terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

Ubuntu MATE adalah salah satu distro Linux ringan terbaik untuk perangkat komputer lama. Selain untuk PC atau laptop, Ubuntu MATE juga tersedia untuk perangkat Raspberry Pi yang telah dioptimasi tanpa menghilangkan lingkungan desktop penuh sebagaimana yang ada di Ubuntu MATE untuk desktop. File arsip (image) Ubuntu MATE untuk perangkat Raspberry Pi tersedia untuk ARMv7 32-bit dan ARMv8 64-bit.

Ubuntu MATE menggunakan manajer paket APT seperti yang ada pada desktop sehingga dapat menggunakan berbagai software yang ada di repositori paket resmi Ubuntu. Di Ubuntu MATE, konektifitas seperti Wi-Fi dan bluetooth sudah langsung terinstal dan dapat berfungsi baik. Lingkungan desktop MATE juga sangat responsif di perangkat Raspberry Pi. Ubuntu MATE bisa menjadi alternatif terbaik untuk Raspberry Pi OS.

3. Kali Linux.

Distro Linux terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

Pengguna Linux tentu sudah tidak asing lagi dengan Kali Linux, salah satu distro Linux untuk peretasan etis (ethical hacking) dan digital forensic. Kali Linux sangat populer untuk maksud ini dan menduduki peringkat teratas. Kali Linux sudah menyertakan banyak tool pra-instal untuk peretasan etis. Selain banyak dijalankan pada PC atau laptop, Kali Linux juga berjalan dengan baik di perangkat Raspberry Pi.

Anda yang tertarik dengan komputer Kali Linux murah untuk tujuan peretasan etis dapat menjalankan kali linux di perangkat Raspberry Pi. Ini membuktikan bahwa tidak diperlukan perangkat keras (hardware) yang mahal untuk menjalankan tool di Kali Linux. Tidak hanya di Raspberry Pi, Kali Linux juga berjalan baik di berbagai sistem ARM SBC lainnya seperti Beaglebone dan BananaPi. Kali Linux untuk perangkat Raspberry Pi dapat diunduh melalui Offensive Security ARM Images.

4. Arch Linux.

Distro Linux terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

Arch Linux adalah salah satu distro Linux yang ringan dan fleksibel dengan menitikberatkan pada kesederhanaan. Banyak pengguna Linux hanya mengetahui sampai batas bahwa Arch Linux hanya tersedia untuk komputer dengan prosesor x86-64. Kenyataannya, Arch Linux mempunyai proyek tambahan yang bernama Arch Linux Arm yang berisi beberapa port yang ditujukan untuk arsitektur ARM, termasuk untuk Raspberry Pi.

Arch Linux ARM berbasis pada Arch Linux yang bertujuan untuk memberi kontrol penuh kepada pengguna dengan memberikan struktur dasar yang ringan yang memungkinkan Anda untuk membentuk sistem sesuai dengan kebutuhan. Untuk alasan ini, file arsip (image) Arch Linux ARM untuk Raspberry Pi tidak memiliki antarmuka grafis meskipun tetap dapat diinstal dengan sangat mudah. Banyak yang menganggap bahwa Arch Linux ARM mungkin kurang cocok untuk pengguna pemula.

5 Gentoo Linux.

Distro Linux terbaik untuk perangkat Raspberry Pi

Gentoo Linux adalah sistem operasi gratis berbasis pada Linux yang dapat dioptimasi dan disesuaikan dengan kebutuhan. Di dalamnya, terselip teknologi yang disebut Portage yang menjadi jantung Gentoo Linux dan memungkinkan Gentoo Linux memiliki kemampuan beradaptasi sebagai server, workstation atau desktop. Di Gentoo Linux, Portage adalah sistem instalasi paket dan sekaligus sistem pembaruan.

Gentoo Linux beroperasi baik di perangkat dengan arsitektur ARM seperti Raspberry Pi. Karena berbeda dengan distro Linux umumnya, instalasi di perangkat Raspberry Pi sedikit rumit. File arsip (image) untuk arsitektur ARM di website resmi Gentoo Linux adalah file sumber yang tidak dapat diinstal langsung. Cara yang lebih mudah untuk menginstal Gentoo Linux adalah dengan menggunakan file arsip (image) pre-built untuk Raspberry Pi yang telah disediakan oleh seseorang di GitHub (Sakaki-).

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It