Artikel ini terkait dengan pertanyaan dari seorang teman ketika tidak menemukan font di komputer Windows yang ingin digunakan, sedangkan di komputer lain ada. Sebenarnya, font di komputer tergantung dari sistem operasi dan program yang diinstal. Ketika diinstal, Windows telah menyertakan jenis font yang cukup banyak (default font), demikian juga program tertentu biasanya juga menyertakan font sendiri.

Berbagai jenis font ini digunakan untuk mendukung semua pengguna Windows di seluruh dunia dan juga di hampir semua bahasa. Microsoft juga menggunakan font dasar, bersih dan mudah dibaca untuk menampilkan menu, dialog, label dan sebagainya. Tampilan font dasar, bersih dan mudah dibaca ini disebut UI (User Interface) font. Sejak Windows Vista, Microsoft menggunakan Segoe UI untuk bahasa barat (Western Languages).

Baca artikel:

Versi Windows yang berbeda mempunyai jumlah font yang berbeda, demikian juga ketika menginstal program tertentu. Sebagian besar program juga menyertakan font bawaan yang akan menambah jumlah font yang ada di Windows. Microsoft Office menyertakan koleksi font TrueType dan OpenType, sedangkan Adobe products seperti Photoshop, Illustrator dan InDesign menyertakan koleksi font PostScript.

Baca artikel:

Inil yang menjadi pembeda jumlah maupun jenis font yang ada di setiap komputer. Semua jenis font yang terinstal di Windows dapat dilihat atau diketahui dengan mudah termasuk jumlahnya. Berikut ini adalah cara menemukan jenis dan folder font di Microsoft Windows 8.1:

Buka atau jalankan File Explorer terlebih dahulu, ketik shell:fonts di address bar atau direktori bar dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara menemukan semua font dan folder font di Windows

Semua jenis font yang ada di sistem komputer akan ditampilkan. Di bagian bawah, Anda dapat melihat jumlah font yang ada dan di contoh ini, ada 372 font.

Cara menemukan semua font dan folder font di Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It