2 Cara Mengubah Posisi Taskbar Di Windows 10

Pengguna lama Microsoft Windows tentu sudah sangat mengenal taskbar. Taskbar adalah elemen GUI klasik yang mulai diperkenalkan di Windows 95 dan kemudian disertakan di semua versi Windows sesudahnya. Dalam perkembangannya di beberapa versi Microsoft Windows, desain dan tampilan taskbar mengalami perubahan dan menjadi semakin baik.

Anda dapat meletakkan ikon program yang sering Anda gunakan di taskbar dan memulai progam tersebut juga melalui taskbar. Taskbar juga menampilkan daftar jendela program yang sedang berjalan sehingga Anda dapat berpindah cepat dari satu program ke program lainnya. Secara default, taskbar berada di posisi bawah dari layar komputer.

Baca artikel:

Namun, bila diinginkan, Anda juga dapat mengubah posisi default taskbar ini ke posisi atas, kiri atau kanan dari layar. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengubah posisi taskbar dari posisi default di Windows 10. Dua cara paling mudah adalah melalui dragging dan taskbar settings. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Teknik dragging.

Untuk mengubah posisi default taskbar ke atas, kiri atau kanan dari layar, Anda dapat menggunakan teknik dragging. Klik dan tahan tombol kiri mouse tepat di area kosong taskbar dan kemudian gerakkan ke atas untuk meletakkan taskbar di posisi atas, gerakkan ke kiri untuk meletakkan taskbar ke posisi kiri atau gerakkan ke kanan untuk meletakkan taskbar ke posisi kanan.

2. Melalui Taskbar settings.

Selain melalui teknik dragging, cara cepat dan mudah lainnya adalah melalui taskbar settings. Klik kanan mouse di area kosong taskbar untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Taskbar settings.

Cara mengubah posisi taskbar di Windows 10

Di jendela Settings - Personalization untuk tab Taskbar yang muncul, dari kotak tarik turun (drop-down box) Taskbar location on screen, pilih lokasi taskbar ingin ditampilkan apakah Left, Top, Right atau Botton, misalnya saja pilih Right.

Cara mengubah posisi taskbar di Windows 10

Sekarang Anda dapat memperhatikan bahwa posisi taskbar sekarang berada di kanan dari layar.

Cara mengubah posisi taskbar di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It