Fungsi MEDIAN() Di Microsoft Excel

Fungsi MEDIAN() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan median statistics atau nilai tengah dari serangkaian nilai yang disediakan. MEDIAN() merupakan salah satu fungsi yang sudah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi statistik Microsoft Excel.

Ketika Anda bekerja dengan tabel Excel dengan banyak data angka, penggunaan fungsi MEDIAN() akan mengembalikan atau menghasilkan nilai yang berada di tengah. Dalam operasinya, fungsi MEDIAN() akan mengurutkan terlebih dahulu data yang disertakan dari kecil ke besar atau dari besar ke kecil.

Bila data yang disertakan ganjil, median adalah nilai yang berada di posisi tengah. Bila data yang disertakan genap, median adalah rata-rata dari dua nilai yang berada di posisi tengah. Dengan demikian, setengah dari data yang disediakan mempunyai nilai kebih kecil dari median dan setengah lagi mempunyai nilai lebih besar dari median.

1. Sintaksis fungsi MEDIAN().

=MEDIAN(number1, [number2], [number3], ...)

number1, number2, number3 dan seterusnya disebut parameter fungsi MEDIAN(). Argumen atau nilai parameter fungsi MEDIAN() ini adalah nilai numerik, larik (array) nilai numerik atau acuan (reference) ke nilai numerik. Parameter pertama (number1) diperlukan di dalam fungsi MEDIAN(), sedangkan parameter berikutnya bersifat opsional artinya bisa disertakan dan bisa juga tidak.

Di Microsoft Excel 2007 dan versi di atasnya, batas jumlah parameter yang dapat disertakan di fungsi MEDIAN() adalah sebanyak 255, sedangkan di Microsoft Excel 2003 hanya sebanyak 30 argumen.

2. Penerapan fungsi MEDIAN().

Berikut ini adalah contoh tabel yang berisi data nilai numerik (angka) dan juga penerapan fungsi MEDIAN() dengan berbagai variasi argumen.

Contoh menggunakan fungsi MEDIAN() Microsoft Excel

3. Hasil fungsi MEDIAN().

Di gambar berikut ini, Anda dapat melihat hasil penerapan fungsi MEDIAN() pada tabel data nilai numerik (angka).

Contoh menggunakan fungsi MEDIAN() Microsoft Excel

Fungsi MEDIAN() ini berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010, Excel 2011 for Mac, Excel 2013 dan juga Excel 2016.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It