Windows 10 adalah versi terbaru sistem operasi Microsoft yang membawa banyak perubahan dan fitur baru. Perubahan dan fitur baru yang mudah dilihat adalah tampilan baru (GUI) dan adanya beberapa aplikasi tambahan. Tampilan dan fitur baru inilah yang mendorong penulis untuk mencoba merasakan kehadiran Windows 10 dengan menginstal (fresh install) dua laptop yang masih menggunakan Windows 8.1 dan Windows 7.

Instalasi kedua laptop menggunakan bootable USB drive yang telah dibuat menggunakan Windows 7 USB/DVD Download tool. Laptop pertama Acer Aspire dengan kartu grafis NVIDIA GeForce 820M dan laptop kedua Toshiba Satellite L645 dengan kartu grafis ATI Mobility Radeon dapat diinstal dengan baik. Khusus untuk driver kartu grafis, penulis mengunduh versi terbaru dari situs resminya.

Baca artikel:

Setelah menginstal beberapa aplikasi ke sistem operasi Windows 10, penulis memutuskan untuk mematikan (shutdown) sistem Windows laptop pertama untuk mulai menginstal aplikasi di laptop kedua. Setelah beberapa saat, laptop pertama tidak benar-benar mati, tampilan layar laptop tidak ada namun lampu indikator masih tetap menyala.

Ini menandakan laptop pertama belum benar-benar mati sebagaimana mestinya. Instalasi aplikasi di laptop kedua untuk sementara ditunda dan kemudian mencoba mematikan sistem Windows. Setelah beberapa saat, laptop kedua memberikan hasil yang sama, tampilan layar laptop tidak ada namun lampu indikator masih tetap menyala. Kondisi laptop seperti ini tetap perlu daya baterai meskipun dalam jumlah kecil.

Baca artikel TERPECAHKAN: Cara Mengatasi Masalah Windows 10 Yang Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Penulis kemudian mematikan paksa dengan menekan tombol power lebih lama, menyalakan lagi dan mematikan lagi, namun hasilnya tetap sama. Penulis mencoba mencari solusi di internet dan mendapatkan informasi terkait metode baru mematikan sistem Windows yang dikenal dengan Hybrid Shutdown. Hybrid Shutdown ini yang kemungkinan membuat Windows tidak benar-benar mati dan mengakibatkan error sehingga komputer hang ketika dimatikan.

Secara default, hybrid shutdown telah diaktifkan. Menonakifkan hybrid shutdown terkadang juga tidak memberikan hasil dan ada kemungkinan tetap mendapati lampu indikator laptop menyala. Perlu adanya pengaturan terkait tombol power agar sistem Windows bisa benar-benar mati dan ini berhasil untuk kedua laptop. Bila laptop Anda mengalami masalah sama, Anda dapat mencoba cara berikut ini:

Klik tombol Search Windows yang tepat berada di samping kanan tombol Windows, ketikkan "power options" dan kemudian akhiri dengan menekan tombol keyboard Enter.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog Power Options yang muncul, di area sebelah kiri, klik tautan berlabel Choose what the power buttons do.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog System Settings yang muncul, klik tautan berlabel Change settings that are currently unavailable.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Masih di kotak dialog System Settings, rubah nilai When I press the power button ke Shut down baik untuk On battery maupun Plugged in dengan memilih dari daftar drop-down.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Gulung ke area bawah menggunakan scroll bar dan di bagian Shutdown settings, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) berlabel Turn on fast startup (recommended). Akhiri dan simpan perubahan dengan mengklik tombol Save changes.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It