Apa yang umum dilakukan ketika ingin membuka file atau menavigasi ke folder tertentu? Sebagian besar orang akan membuka dan menggunakan File Explorer (sebelumnya Windows Explorer untuk Microsoft Windows sebelum Windows 8). Anda menggunakan File Explorer untuk mengakses file atau folder manapun yang diinginkan. Secara default, title bar dari File Explorer tidak menampilkan path (jalur) ke file atau folder yang dituju.

Terkadang, mengetahui path lengkap (full path) ke lokasi file atau folder yang diinginkan adalah hal penting, terlebih lagi bila file atau folder tersebut terletak di hirarki penyimpanan yang lebih dalam. Melalui title bar, File Explorer dapat menampilkan path lengkap ke file atau folder yang dituju. Dengan demikian, Anda tinggal mencatat atau menyalinnya. Microsoft Windows memberikan fleksibilitas pada Anda untuk melakukan menyesuaikan opsi. Berikut ini adalah cara menampilkan path lengkap (full path) di title bar dari File Explorer: 

Baca artikel:

Jalankan File Explorer dan akses salah satu file atau folder yang ada di komputer Anda. Di contoh ini, file yang diakses adalah hosts. Anda dapat memperhatikan di area title bar dari File Explorer di sebelah kiri, hanya nampak folder etc yaitu folder terakhir sebelum file host itu sendiri, tidak nampak path lengkap ke file hosts yang dituju.

Menampilkan path lengkap (full path) di title bar dari File Explorer

Untuk menampakkan path lengkap ke file hosts, pastikan Anda berada di tab View dan kemudian klik tombol Options yang terletak di posisi paling kanan.

Menampilkan path lengkap (full path) di title bar dari File Explorer

Di kotak dialog Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View. Di bagian Advanced settings, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Display the full path in the title bar, kemudian klik tombol Apply dan akhiri dengan mengklik tombol OK.

Menampilkan path lengkap (full path) di title bar dari File Explorer

Sekarang Anda dapat memperhatikan bahwa title bar dari File Explorer sudah menampilkan path lengkap (full path) ke file hosts. Sekarang, setiap ada file atau folder manapun yang dituju, path lengkap menuju ke file atau folder tersebut akan ditampilkan.

Menampilkan path lengkap (full path) di title bar dari File Explorer

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It