Membuat aplikasi Calculator Windows 10 selalu di atas

Cara Membuat Aplikasi Calculator Windows 10 Selalu Di Atas

Calculator di Windows 10 adalah salah satu aplikasi berguna untuk membuat kalkulasi instan dari tingkat dasar sampai mahir. Aplikasi Calculator telah lama ada di Windows sejak Windows 1.0 yang dirilis pada Nopember 1985. Tidak peduli siapa Anda dan apa profesi Anda, Anda tentu memerlukan kalkulator. Anda dapat memanfatkan aplikasi Calculator yang tersedia di Windows.

Berbeda di versi Windows sebelumnya, Calculator di Windows 10 adalah aplikasi desktop yang ramah sentuh (touch-friendly) dan dengan fitur lengkap. Dengan aplikasi Calculator, Anda tidak perlu perangkat kalkultor fisik. Aplikasi Calculator di Windows 10 memiliki lima mode yaitu Standard, Scientific, Graphing, Programmer dan Date Calculation ditambah unit Converter.

Baca artikel:

Windows adalah sistem operasi multitasking yang mampu untuk membuka banyak aplikasi sekaligus. Di Windows, jendela aplikasi aktif berada di atas jendela aplikasi lainnya. Ketika aplikasi Calculator, Microsoft Word, Microsoft Excel dibuka dan Anda sedang bekerja di spreadsheet Excel, maka jendela aplikasi Calculator dan Microsoft Word berada di bawah dan tertutupi jendela aplikasi Microsoft Word.

Baca artikel:

Untuk penggunaan yang ekstensif dan sering, Anda mungkin ingin aplikasi Calculator selalu di atas jendela aplikasi lain. Mulai di versi 10.1907.24.0 di Windows 10 build 18956 atau yang lebih tinggi, Calculator mode Standard memiliki fitur Keep on top yang membolehkan selalu tetap terlihat di layar setiap saat, di atas jendela aplikasi apa saja.

Untuk membuat aplikasi Calculator selalu di atas aplikasi lainnya yang terbuka, caranya cukup mudah. Buka aplikasi Calculator, pastikan Anda di mode Standard dan kemudian klik tombol Keep on top yang terletak di samping kanan nama mode Standard atau gunakan pintasan keyboard Alt + anak panah Up bila jendela aplikasi Calculator aktif.

Membuat aplikasi Calculator Windows 10 selalu di atas

Seketika itu juga, jendela Calculator berubah menjadi lebih kecil dan akan selalu berada di atas. Anda masih tetap dapat menyeret (dragging) ke mana saja di atas layar dan juga dapat mengubah ukuran jendela sesuai dengan keinginan.

Membuat aplikasi Calculator Windows 10 selalu di atas

Jika Anda sudah selesai dengan aplikasi Calculator dan ingin mengembalikan ke normal, klik sekali lagi tombol Back to full view dengan ikon sama atau gunakan pintasan keyboard Alt + anak panah Down bila jendela aplikasi Calculator aktif.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It