Ketika bekerja dengan Microsoft Excel, kebanyakan pengguna akan menekan tombol keyboard ENTER setelah memasukkan data ke dalam sel (cell) lembar kerja (worksheet). Secara standar, penekanan tombol ENTER akan menggerakkan pointer sel (cell pointer) ke sel di bawahnya. Namun demikian, Anda dapat merubah perilaku ini dengan menentukan arah pergerakan pointer sesuai dengan yang Anda inginkan.

Microsoft Excel menyediakan pengaturan terkait ini agar dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Melalui pengaturan, Anda dapat merubah pergerakan pointer sel ke arah berbeda, misalnya ke atas, ke kanan atau ke kiri. Ini hanya berlaku untuk penekanan tombol keyboard ENTER dan tidak untuk tombol lainnya seperti TAB dan tombol-tombol panah (arrow keys).

Jalankan aplikasi Microsoft Excel, klik menu File yang terletak di sudut kiri atas, dari backstage Microsoft Excel yang muncul, pilih Options.

Merubah arah pointer sel (cell pointer) setelah entri data di Excel

Di kotak dialog Excel Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Advenced (1). Di bagian Editing option (2), klik kotak daftar tarik turun berlabel Direction dan kemudian pilih Right (3). Simpan perubahan dengan mengklik tombol OK (4).

Merubah arah pointer sel (cell pointer) setelah entri data di Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner