Command Prompt adalah aplikasi baris perintah yang sudah lama ada di Windows sejak Windows 2000. Bila Anda pernah menggunakan Command Prompt, Anda tentu tahu warna default Command Prompt ketika dijalankan atau dibuka. Command Prompt menggunakan warna hitam untuk latar (background) dan warna putih untuk teks. Warna default Command Prompt ini tidak bersifat tetap. Anda bisa merubah dengan warna lain yang diinginkan.

Ketika merubah warna default Command Prompt, usahakan tetap menjaga kontras antara warna latar (background) dan warna teks agar teks tetap dapat dibaca dengan baik. Di tautan artikel di bawah ini, Anda dapat membaca cara merubah warna default Command Prompt melalui command line (baris perintah) dari Command Prompt sendiri. Selain cara ini, Anda juga dapat merubah warna default Command Prompt melalui antar muka grafis (GUI).

Baca artikel Merubah Warna Latar Dan Teks Command Prompt Melalui Command Line

Pastikan Anda telah menjalankan atau membuka jendela Command Prompt. Anda dapat membaca artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan Command Prompt Di Microsoft Windows 10 tentang cara menjalankan atau mengakses Command Prompt. Di jendela Command prompt yang terbuka, klik kanan mouse tepat di bilah judul untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Properties.

Merubah warna background (latar) dan teks Command Prompt

Di jendela "Command Prompt" Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Colours (1), untuk merubah warna latar (background color), klik tombol radio (radio button) Screen Background (2) dan kemudian pilih warna yang diinginkan, misalnya putih (3). Langsung lanjutkan ke langkah berikutnya.

Merubah warna background (latar) dan teks Command Prompt

Untuk merubah warna teks, klik tombol radio (radio button) Screen Text (1) dan kemudian pilih warna yang diinginkan, misalnya hitam (2) dan selanjutnya klik tombol OK (3).

Merubah warna background (latar) dan teks Command Prompt

Sekarang warna default Command Prompt telah berubah dengan warna latar (background color) putih dan warna teks hitam.

Merubah warna background (latar) dan teks Command Prompt

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It