Mengaktifkan atau menonaktifkan preview pane File Explorer Windows

Ketika bekerja dengan file dan folder Di Microsoft Windows, Anda tentunya membuka File Explorer. File Explorer adalah aplikasi bawaan (built-in app) Windows yang digunakan untuk mengelola file dan folder. Ketika Anda menyeleksi sebuah file di File Explorer, apakah file gambar atau tipe file lainnya, di area sebelah kanan pada File Explorer akan muncul pratinjau (preview) yang menampilkan thumbnail dari konten file yang diseleksi.

Area dengan pratinjau yang menampilkan thumbnail ini disebut dengan panel pratinjau (preview pane). Preview pane akan menampilkan konten dari file yang diseleksi tanpa perlu membukanya menggunakan aplikasi terkait. Sebagian pengguna Windows mungkin akan melihat preview pane di File Explorer dan sebagian yang lain mungkin tidak.

Baca artikel:

Bila di File Explorer muncul preview pane, berarti preview pane telah aktif, bila sebaliknya, preview pane tidak aktif. Sebenarnya cukup mudah untuk mengaktifkan (menampilkan) atau menonaktifkan (menyembunyikan) preview pane dari File Explorer Microsoft Windows. Berikut ini adalah dua cara mengaktifkan atau menonaktifkan preview pane dari File Explorer di Microsoft Windows 10:

1. Menggunakan pintasan keyboard.

Menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) adalah cara yang paling praktis dan mudah. Anda cukup dengan menekan kombinasi tombol keyboard ALT+P secara bersama-sama untuk mengaktifkan atau menonaktifkan preview pane di File Explorer.

2. Menggunakan tombol Preview Pane File Explorer.

Selain melalui pintasan keyboard yang mudah, Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan preview pane melalui tombol Preview Pane di File Explorer. Di jendela File Explorer yang terbuka, pastikan Anda berada di tab View (1) dan kemudian klik tombol Preview pane (2).

Baca artikel Membuka Atau Menjalankan File Explorer Di Windows 10

Mengaktifkan atau menonaktifkan preview pane di File Explorer Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It