Menonaktifkan layanan Atau Pelacakan Lokasi Di Microsoft Windows 10
Location Service Windows 10

Sebagai pengguna Microsoft Windows, Anda mungkin tahu bahwa di Windows 10, terdapat fitur layanan lokasi (location service). Layanan lokasi dapat merekam atau melacak lokasi (location tracking) perangkat Windows 10, seperti laptop atau PC, yang Anda gunakan. Jika fitur layanan lokasi ini diaktifkan, Windows 10 akan menggunakan kemampuan perangkat untuk menentukan lokasi Anda.

Microsoft menggunakan data lokasi untuk meningkatkan layanan berbasis lokasi. Layanan lokasi membantu meningkatkan lokasi geografis yang tepat dari perangkat Windows yang Anda gunakan. Lokasi yang tepat dari perangkat Windows Anda memungkinkan aplikasi Maps atau aplikasi lain berbasis lokasi memberi Anda petunjuk arah, menunjukkan toko atau restoran yang dekat dengan Anda dan masih banyak lagi.

Secara default, layanan lokasi di Windows 10 diaktifkan. Sebagian pengguna Windows menyukai gagasan Windows 10 dan menganggap bahwa fitur ini berguna. Sebagian yang lain menganggap fitur ini memiliki resiko yaitu privasi lokasi pribadi Anda diketahui. Windows 10 terus melacak dan mengetahui lokasi Anda sepanjang waktu. Ini mungkin hal yang tidak diinginkan oleh sebagian dari Anda.

Bila Anda peduli dengan privasi, Anda mungkin ingin menonaktifkan layanan lokasi agar tidak melacak lokasi perangkat Windows 10 Anda. Windows 10 memberi kemudahan apakah Anda ingin menonaktifkan sepenuhnya layanan lokasi atau hanya menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan layanan atau pelacakan lokasi di Microsoft Windows 10:

1. Menonaktifkan sepenuhnya layanan lokasi.

Menonaktifkan sepenuhnya layanan lokasi di Windows 10 berarti Anda mematikan (off) akses lokasi di perangkat Windows 10 agar tidak merekan atau melacak lokasi perangkat Windows 10 Anda. Dengan menonaktifkan sepenuhnya layanan lokasi, semua aplikasi berbasis lokasi tidak dapat menggunakan data lokasi lagi.

Untuk menonaktifkan sepenuhnya layanan lokasi di Windows 10, buka Windows Settings atau Settings terlebih dahulu melalui pintasan keyboard Windows + I dan kemudian pilih Privacy (location, camera, microphone).

Menonaktifkan layanan Atau Pelacakan Lokasi Di Microsoft Windows 10

Di jendela Settings - Privacy yang muncul, di area sebelah kiri, pilih Location (1). Di area sebelah kanan, di bagian Allow access to location on this device, klik tombol Change (2) dan kemudian ubah nilai tombol toggle switch Location access for this device dari On menjadi Off (3).

Menonaktifkan layanan Atau Pelacakan Lokasi Di Microsoft Windows 10

2. Menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu.

Ada banyak aplikasi di Microsoft Windows 10 yang menggunakan data lokasi. Dari aplikasi berbasis lokasi yang ada, Anda dapat menentukan aplikasi mana yang diperbolehkan untuk mengakses lokasi dan aplikasi mana yang tidak diperbolehkan. Anda dapat menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu dengan mudah.

Ulangi langkah pertama di atas yaitu membuka Windows Settings atau Settings melalui pintasan keyboard Windows + I dan kemudian pilih Privacy (location, camera, microphone). Di jendela Settings - Privacy yang muncul, di area sebelah kiri, pilih Location (1), kemudian pilih aplikasi yang akses ke data lokasi ingin dinonaktifkan, misalnya aplikasi Maps (2), dan selanjutnya ubah nilai tombol toggle switch Maps dari On menjadi Off (3).

Menonaktifkan layanan Atau Pelacakan Lokasi Di Microsoft Windows 10

Anda dapat menggunakan cara yang sama untuk aplikasi lain yang akses ke data lokasi ingin dinonaktifkan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It