Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler
cPanel Images Scaler

Artikel atau konten website tidak hanya terkait tentang teks semata. Artikel yang baik dan bagus adalah kombinasi dari teks, gambar dan elemen lain seperti video, grafik, slide dan sebagainya. Artikel yang hanya terdiri dari teks saja akan terasa monoton, tidak memiliki ragam, secara visual kurang menarik dan cepat menimbulkan kejenuhan bagi pembaca.

Gambar yang ditambahkan ke artikel website juga perlu dioptimasi sehingga memberi dampak positif pada SEO. Mengubah ukuran gambar dari besar menjadi lebih kecil untuk disesuaikan dengan kebutuhan gambar website adalah juga salah satu cara optimasi yang dapat memperkecil ukuran file gambar sehingga halaman website dapat dimuat dengan cepat.

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar. Bila gambar tersimpan di PC atau laptop, Anda bisa menggunakan aplikasi populer pengolah gambar (image editing) seperti Adobe Photoshop, GIMP, Affinity Photo dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana apabila gambar sudah digunakan website, artinya sudah diunggah (upload) dan berada di web hosting?

Cara yang kurang praktis adalah Anda mengunduh (download) gambar dari hosting ke PC atau laptop, kemudian diubah ukuran gambarnya, misalnya menggunakan Adobe Photoshop dan kemudian diunggah (upload) ke hosting lagi. Untuk cara yang lebih praktis dan cepat adalah Anda dapat mengubah ukuran langsung di cPanel hosting.

cPanel dari hosting Linux memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran atau dimensi gambar yaitu cPanel Images Scaler. Berikut ini adalah cara untuk mengubah ukuran gambar di cPanel menggunakan cPanel Images Scaler:

Masuk ke akun cPanel Anda, di kelompok Files, klik tombol atau ikon dengan label Image.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler

Di halaman Images dari cPanel, klik tautan Scaler.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler

Umumnya, file gambar menjadi bagian dari website, untuk itu, klik ikon folder atau direktori public_html.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler

Klik folder atau direktori tempat menyimpan file gambar yang ukurannya akan diubah. Di contoh ini adalah folder atau direktori gambarku. Anda dapat menyesuaikan dengan folder atau direktori tempat menyimpan gambar Anda sendiri.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler

Selanjutnya, klik tombol SCALE dari nama gambar yang ukurannya ingin diubah.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler

Untuk mengubah ukuran gambar, masukkan dimensi gambar baru, baik dalam piksel (1) atau persen (2) dari ukuran gambar asli. Saat Anda mengubah dimensi dan mengklik gambar (3), gambar dengan dimensi baru ditampilkan sebagai pratinjau, namun belum disimpan. Beri tanda centang pada kotak centang (check box) Keep Aspect Ratio (4) untuk mempertahankan proporsi gambar agar terhindar dari perenggangan atau distorsi.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler

Selanjutnya, beri tanda centang pada kotak centang Retain a Copy of the old image as (5) untuk menyimpan salinan gambar asli. Secara default, cPanel akan menambahkan awalan "old-" ke nama file asli. Anda juga dapat mengubah nama atau path (jalur) dari file (6) sebelum mengubah ukuran sesuai yang diinginkan. Klik tombol Scale Image (7) untuk mengubah ukuran gambar.

Mengubah ukuran gambar cpanel images scaler
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It