Memperbaiki-touchpad-laptop-tidak-bekerja-berfungsi

Suatu hari, seorang teman kantor bertanya terkait dengan touchpad pada laptopnya. Dia mengatakan bahwa touchpad laptop Acer Aspire yang dimiliki tidak bekerja atau berfungsi. Dia merasa bingung kenapa touchpad laptop tiba-tiba tidak berfungsi setelah seharian laptop digunakan anaknya. Dia ingin tahu solusi atau cara memperbaiki touchpad tersebut karena dia sendiri tidak tahu caranya.

Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointing device) atau perangkat input saat bekerja dengan laptop. Touchpad merupakan perangkat input alternatif dari mouse. Touchpad selalu disertakan atau selalu ada di setiap laptop. Namun kenyataannya, meskipun laptop sudah memiliki touchpad, banyak pengguna laptop yang masih menambahkan mouse sebagai perangkat input.

Baca artikel Sofware Driver Updater Gratis Terbaik Untuk Windows

Touchpad laptop yang bermasalah seperti tidak merespon sebagaimana mestinya atau tidak merespon sama sekali bisa saja terjadi. Ada beberapa kemungkinan kenapa touchpad tidak bekerja atau berfungsi. Mungkin, penguna laptop sengaja mematikan atau menonaktifkan touchpad atau secara tidak disengaja touchpad mati atau nonaktif atau mungkin ada masalah pada driver touchpad dan perlu diperbarui (update).

Bila Anda mendapati masalah yang sama yaitu touchpad laptop Acer tidak bekerja atau berfungsi, Anda dapat mencoba untuk memperbaiki dengan beberapa cara berikut ini:

1. Mengaktifkan kembali touchpad.

Cara ini dapat digunakan bila touchpad laptop tidak bekerja atau berfungsi karena sengaja dimatikan atau dinonaktifkan atau tidak sengaja mati atau nonaktif. Di laptop Acer, untuk mengaktifkan kembali touchpad, tekan kombinasi tombol keyboard Fn+F6 atau Fn+F7 secara bersama-sama. Setelah penekanan kombinasi tombol keyboard, Anda dapat memeriksa apakah touchpad sudah bekerja atau berfungsi.

Baca artikel:

2. Mengunduh driver dari website Acer dan install.

Anda dapat mengunjungi website resmi Acer untuk mengunduh driver. Anda akan diminta untuk memasukkan terlebih dahulu nomor seri, SNID atau nomor model (1) dari laptop Acer Anda atau Anda dapat memasukkan kotegori, seri dan model (2) dari laptop Acer Anda untuk menentukan driver yang tepat.

Baca artikel Mendapatkan Dan Download Driver Laptop Acer

Memperbaiki touchpad laptop Acer yang tidak bekerja atau berfungsi

Berikutnya, Anda menentukan sistem operasi yang digunakan dan selanjutnya pilih kategori Driver untuk menampilkan semua jenis driver untuk laptop Acer Anda. Di daftar driver yang muncul, Anda dapat mengunduh driver untuk touchpad laptop Acer dan kemudian install driver tersebut.

Memperbaiki touchpad laptop Acer yang tidak bekerja atau berfungsi

3. Update driver melalui Device Manager.

Device Manager adalah aplikasi default di Windows yang membolehkan Anda mengontrol perangkat (hardware device) yang ada di dalam komputer atau yang terhubung ke komputer. Ada dapat menggunakan Device Manager untuk memperbarui (update), menonaktifkan (disable), atau uninstall driver.

Buka atau jalankan terlebih dahulu aplikasi Device Manager. Anda beberapa cara membuka atau menjalankan Device Manager. Di jendela Device Manager yang terbuka, klik kanan mouse tepat di perangkat penunjuk (touchpad) yang bermasalah (1) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Update driver (2). Ikuti petunjuk di jendela berikutnya yang muncul.

Baca artikel Mengembalikan (Roll Back) Driver Ke Versi Sebelumnya

Memperbaiki touchpad laptop Acer yang tidak bekerja atau berfungsi

4. Membawa laptop ke jasa perbaikan komputer.

Jika Anda telah mencoba cara di atas namun touchpad laptop Acer masih tidak bekerja atau berfungsi, Anda dapat membawa laptop ke jasa perbaikan komputer (service komputer) untuk diperiksa dan diperbaikan pada touchpad laptop. Bila garansi laptop masih berlaku, Anda dapat membawa ke layanan perbaikan resmi laptop Acer. Anda seharunya membawa laptop ke jasa perbaikan yang dapat dipercaya.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It