Salah satu fitur yang juga penting di sistem operasi Microsoft Windows adalah System Restore. System restore pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari fitur yang terdapat di Microsoft Windows ME (Millennium Edition). System restore secara teratur mencatat semua perubahan yang terjadi di file system komputer, bisa karena proses intsall atau uninstall program, perubahan driver atau pembaruan (update) software. System restore akan menggunakan fitur lain yang disebut dengan system protection untuk membuat titik-titik pemulihan (restore points).

Secara standar, system restore sudah dalam keadaan aktif di dalam hard disk dimana instalasi Windows berada. Di dalam menjalankan fungsinya, system restore juga membutuhkan sumber daya komputer seperti ruang hard disk, memori dan juga prosesor. Yang perlu menjadi perhatian di sini adalah saat komputer terkena virus. Anda tidak akan tahu kapan komputer mulai terinfeksi. Bisa saja titik-titik pemulihan yang dibuat oleh system protection adalah saat komputer sedang terkena virus. Ini akan berbahaya bila komputer dikembalikan (restore) ke titik pemulihan saat komputer sedang terinfeksi virus.

Menonaktifkan system protection akan menghapus semua titik-titik pemulihan (restore points). Anda tidak dapat menggunakan titik-titik pemulihan sebelumnya sampai Anda mengaktifkan kembali system protection dan titik pemulihan baru dibuat. Namun baiknya adalah, sebagian sumber daya yang digunakan akan dibebaskan dan semua titik pemulihan termasuk titik pemulihan saat komputer diperkirakan terkena virus juga terhapus. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan system restore di Microsoft Windows 10:

Di area taskbar sebelah kiri, klik tombol Type here to search (1), ketikkan "system" di kotak pencarian (2) dan dari hasil yang ditampilkan, klik System (3).

Menonaktifkan atau mengaktifkan System Restore di Windows

Di jendela System yang muncul, di bagian sebelah kiri, klik tautan System protection.

Menonaktifkan atau mengaktifkan System Restore di Windows

Pastikan Anda berada di tab System Protection dan kemudian klik tombol Configure...

Menonaktifkan atau mengaktifkan System Restore di Windows

Di kotak dialog System Protection for Local Disk (C:), klik tombol radio (radio button) berlabel Disable system protection (1), kemudian klik tombol Apply (2) dan akhiri dengan mengklik tombol OK (3). Untuk mengaktifkan kembali system restore, klik tombol radio berlabel Turn on system protection, kemudian klik tombol Apply dan akhiri dengan mengklik tombol OK.

Menonaktifkan atau mengaktifkan System Restore di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner