Menggunakan mesin pencari Kiddle di browser Google Chrome

Tidak dipungkiri bahwa internet menjadi sumber informasi digital terlengkap. Berbagai jenis informasi tersedia di sana dan juga untuk segala usia. Ini menjadi delema ketika anak-anak harus mencari informasi di internet untuk keperluan tugas. Tanpa pendampingan dari orang tua, ini tentu sangat membahayakan. Anak-anak bisa saja mengakses konten yang tidak ramah atau tidak sesuai untuk mereka dan akhirnya bisa terpapar konten tersebut.

Ketika Anda memberikan anak perangkat komputer dan akses internet sebagai penunjang kegiatan belajar, Anda seharusnya juga berhati-hati. Anda perlu tahu bahwa browser umumnya menggunakan mesin pencari (search engine) Google, Bing, Yahoo! atau yang lain untuk mendapatkan informasi di internet. Mesin pencari ini akan menemukan konten apa saja untuk segala usia, baik untuk anak-anak atau orang dewasa, sesuai dengan kata kunci (keyword) pencarian yang digunakan.

Baca artikel:

Tentu saja, mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! atau yang lain tidak sesuai bila digunakan di browser yang akan dipakai anak-anak. Untuk mencegah anak-anak dari mendapatkan konten yang tidak ramah atau sesuai, Anda perlu mengganti mesin pencari dengan mesin pencari khusus untuk anak-anak. Mesin pencari ini dirancang secara khusus untuk menemukan konten teks, gambar dan video yang ramah anak.

Baca artikel Mengganti Mesin Telusur (Search Engine) Di Microsoft Edge

Ada cukup banyak mesin pencari khusus untuk anak-anak. Beberapa diantaranya adalah Kiddle, KidsSearch, DibDabDoo, KidRex dan WackySafe. Mesin pencari Kiddle sendiri menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Bila komputer Windows menggunakan Google Chrome sebagai browser, berikut ini adalah cara menggunakan mesin pencari Kiddle di browser Google Chrome:

Pastikan Anda pernah membuka home page Kiddle (kiddle.co) agar mesin pencari Kiddle tersimpan di sistem komputer dan kemudian dapat dideteksi oleh browser Google Chrome. Klik ikon Customize and control Google Chrome (1) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings (2).

Mengganti mesin pencari browser Google Chrome dengan Kiddle

Di halaman Settings yang muncul, di bilah sebelah kiri, klik Search Engine (2) dan di bagian sebelah kanan, klik Manage search engines (2).

Mengganti mesin pencari browser Google Chrome dengan Kiddle

Di halaman berikutnya yang muncul, di bagian Other search engines, klik ikon More actions (1) untuk menampilkan opsi dan kemudian pilih Make default (2).

Mengganti mesin pencari browser Google Chrome dengan Kiddle

Browser Google Chrome kini telah menggunakan mesin pencari (search engine) Kiddle. Anda dapat melihat perubahan berupa ikon Kiddle yang muncul di omnibox Google Chrome. Sekarang, Google Chrome dapat digunakan untuk mencari informasi di internet dengan mengetik kata kunci (keyword) di omnibox dan menekan tombol Enter untuk mendapatkan hasil pencarian atau konten yang ramah anak.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It