Microsoft Windows 10 memiliki beberapa tipe akun pengguna (user accounts) yaitu Administrator, Standard, Child dan Guest. Windows memberi setiap tipe akun izin atau hak akses berbeda ke sumber daya komputer. Tipe akun pengguna selain Administrator hanya dapat melakukan tugas sehari-hari yang umum, seperti menjalankan program, menjelajah internet, memeriksa email, streaming film dan sebagainya.

Berbeda dengan akun pengguna Standard, Child dan Guest, akun Administrator diperlukan untuk melakukan tugas yang dapat membuat perubahan besar pada sistem Windows seperti memasang (install) atau mencopot (uninstall) program, menambah, menghapus atau mengubah user accounts, membuka atau menjalankan program dalam mode administrator (run as administrator) dan sebagainya.

Baca artikel:

Perlu diingat bahwa akun pengguna Standard, Child dan Guest tidak membuat perubahan pada sistem Windows sehingga tidak menimbulkan kerusakan dan aman. Jadi, jika Anda ingin memastikan bahwa Anda tidak ingin secara tidak sengaja menyebabkan masalah pada komputer, sebaiknya buat akun penggunaan harian Anda menjadi akun Standard dan gunakan akun Administrator hanya ketika perlu membuat perubahan besar pada sistem Windows.

Baca artikel:

Lalu, bagaimana cara untuk memeriksa, mengetahui atau melihat jika akun pengguna adalah Administrator di Microsoft Windows. Di Windows 10, ada beberapa cara berbeda untuk memeriksa atau mengetahui jika akun pengguna adalah Administrator. Berikut ini adalah caranya:

1. Melalui Windows Settings.

Windows Settings atau Settings adalah komponen dari Microsoft Windows yang mulai diperkenalkan di Windows 8. Melalui Windows Settings ini, Anda dapat menyesuaikan atau mengkonfigurasi sistem operasi. Secara perlahan-lahan namun pasti, Microsoft berencana mengganti aplikasi Control Panel dengan Windows Settings ini.

Untuk memeriksa atau mengetahui akun pengguna adalah Administrator, buka Windows Settings atau Settings terlebih dahulu. Anda dapat membuka melalui pintasan keyboard (keyboard shortcuts) Windows + I, di jendela Windows Settings yang muncul, pilih atau klik Accounts (Your accounts, email, sync, work, family) dan di tab Your info (1), dapat dilihat bahwa akun pengguna Anda adalah Administrtor (2).

Mengetahui memeriksa melihat jika akun pengguna adalah Administrator di Windows 10

2. Melalui Control Panel.

Control Panel adalah komponen dari Microsoft Windows yang digunakan untuk melihat atau mengubah pengaturan sistem. Control Panel adalah aplikasi yang sudah cukup lama disertakan di Microsoft Windows sejak Windows 1.0. Di Microsoft Windows 10, peran atau fungsi dari Control Panel mulai digantikan oleh Windows Settings.

Meskipun sebagian peran atau fungsi telah beralih ke Windows Settings yaitu aplikasi yang lebih modern, Control Panel masih ada di Windows 10 sampai saat ini meskipun beberapa cara mengaksesnya telah dihilangkan. Anda masih bisa menggunakan Control Panel untuk memeriksa atau mengetahui jika akun pengguna adalah Administrator.

Gunakan pintasan keyboard (keyboard shortcuts) Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, ketik control panel di kotak teks Open dan kemudian klik tombol OK. Di jendela Control Panel yang terbuka, klik User Accounts, kemudian klik User Accounts kembali dan kini dapat dilihat bahwa akun pengguna Anda adalah Administrtor.

Mengetahui memeriksa melihat jika akun pengguna adalah Administrator di Windows 10

3. Melalui Command Prompt.

Command Prompt adalah aplikasi penterjemah baris perintah yang disertakan di Microsoft Windows. Command Prompt telah menjadi salah satu tool powerfull yang ada di Microsoft Windows. Melalui Command Prompt ini, Anda dapat mengeksekusi baris perintah (command lines) untuk mengotomasi tugas melalui script atau batch file.

Baca artikel:

Untuk memeriksa, melihat atau mengetahui akun pengguna adalah Administrator, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, ketik net user <username> dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Ganti <username> dengan nama user Anda (1). Di bagian bawah, di Local Group Memberships, dapat dilihat bahwa akun pengguna Anda adalah Administrtor (2).

Mengetahui memeriksa melihat jika akun pengguna adalah Administrator di Windows 10

4. Melalui Local Users and Groups.

Local Users and Groups adalah Microsoft Management Console (MMC) snap-in yang memungkinkan Anda untuk mengelola akun atau grup pengguna, seperti membuat atau menghapus akun pengguna, menyetel ulang kata sandi pengguna dan sebagainya. Melalui Local Users and Groups, Anda juga dapat memeriksa atau mengetahui jika akun pengguna adalah Administrtaor.

Untuk memeriksa atau mengetahui akun pengguna adalah Administrator, klik kanan (right-click) Start Menu untuk menampilkan menu WinX dan kemudian klik Computer Management. Di jendela Computer Management yang muncul, perluas Local Users and Gropus (1), pilih Users (2) dan area sebelah kanan, klik ganda (double click) akun pengguna Anda (3) untuk membuka kotak dialog Properties.

Mengetahui memeriksa melihat jika akun pengguna adalah Administrator di Windows 10

Di kotak dialog <akun-pengguna> Properties yang muncul, klik tab Member Of (1) dan dapat dilihat bahwa akun pengguna Anda adalah Administrtor (2).

Mengetahui memeriksa melihat jika akun pengguna adalah Administrator di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It