Memahami kelas dan metoda abstrak di program Java

Memahami Kelas Dan Metoda Abstrak Di Java

Di artikel konsep turunan (inheritance) dan konsep turunan (inheritance) melalui contoh program, Anda dapat mempelajari materi turunan sebuah kelas yang berasal kelas lain. Kelas turunan (subclass) akan menjadi lebih spesifik dengan penambahan data field dan metoda baru yang berkaitan dengan subclass tersebut, disamping data field dan metoda yang diwarisi dari kelas di atasnya.

ila Anda bergerak ke atas di dalam hirarkhi turunan, kelas yang lebih atas akan menjadi semakin umum dan kurang spesifik. Superclass bisa tidak memiliki variabel kelas (data field) dan metoda sebagaimana yang dimiliki oleh kelas turunannya.

Dimungkinkan, sebuah kelas menjadi begitu abstrak sehingga hanya menyinggung hal-hal yang paling umum dan belum lengkap. Kelas semacam ini disebut dengan kelas abstrak (abstract class). Keberadaan kelas abstrak hanya dimaksudkan sebagai superclass dari kelas-kelas turunannya, sehingga kelas abstrak juga disebut dengan abstract superclass.

Kelas-kelas turunan (derivatif) dari kelas abstrak nantinya bertugas untuk memodifikasi dan mengimplementasi hal-hal paling umum menjadi lebih spesifik dan yang belum lengkap menjadi lebih lengkap. Kelas abstrak (abstract class) hanya menyinggung hal-hal umum dan belum lengkap. Implementasi konkrit mengenai hal-hal tersebut diserahkan kepada kelas turunannya.

Karena terlalu umum dan tidak lengkap, kelas abstrak belum dapat dipandang sebagai obyek yang nyata. Kelas abstrak berbeda dengan kelas konkrit (concrete class). Anda dapat membuat obyek dari kelas konkrit seperti kelas JTextArea, JOptionPane, PersegiPanjang, Balok, BujurSangkar, Kubus dan Lingkaran, tetapi tidak dapat membuat obyek dari kelas abstrak.

Sekalipun kelas abstrak tidak dapat digunakan untuk membuat obyek, Anda masih dapat menggunakan kelas abstrak sebagai tipe variabel. Variabel yang dideklarasikan dengan tipe kelas abstrak dapat mengacu ke obyek dari kelas konkrit yang merupakan kelas turunan dari kelas abstrak.

1. Deklarasi kelas abstrak.

Untuk mendeklarasikan sebuah kelas sebagai kelas abstrak, diperlukan kata kunci abstract sebelum kata kunci class. Kelas yang dideklarasikan abstrak normalnya berisi atribut atau properti yang umum dan satu atau lebih matoda abstrak. Berikut ini adalah sintaksis untuk mendeklarasikan kelas abstrak:

   modifier abstract class nama-kelas {
      // data field umum dan metoda abstrak
   }

1. Metoda abstrak.

Bila ada metoda yang dideklarasikan dengan kata kunci (keyword) abstract, maka kelas dimana metode abstrak tersebut berada harus dideklarasikan abstrak, sekalipun kelas tersebut juga mempunyai metode konkrit (metoda yang mempunyai implementasi).

Metoda abstrak hanyalah penanda metoda (method signature) tanpa implementasi. Setiap kelas turunan konkrit dari superclass yang abstrak harus menyediakan implementasi yang konkrit dari metoda abstrak yang dimiliki oleh superclass yang abstrak. Berikut ini adalah sintaksis pendeklarasian metoda abstrak:

   modifier abstract tipe-nilai-dikembalikan nama-metoda();

Perlu diperhatikan bahwa untuk mendeklarasikan metoda abstrak di dalam kelas abstrak, tidak diperlukan opening dan closing brace.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It