Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek (object-oriented programming atau OOP) paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Program aplikasi yang dibuat dengan Java mampu berjalan di banyak platform sistem operasi berbeda. Java bersifat umum (general purpose) dan secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Java secara luas digunakan untuk membuat berbagai jenis software aplikasi dan juga aplikasi berbasis web.

Sejak pertama kali dikembangkan, Java telah didesain sebagai bahasa pemrograman berorientasi obyek (object oriented). Segala aspek yang ada di Java dapat dipandang sebagai obyek. Keunggulan bahasa pemrograman berorientasi obyek adalah kemudahan di dalam pengembangan program aplikasi dengan cara mengikuti model yang ada dalam kehidupan nyata. Sebuah obyek, baik di dunia nyata atau di dalam program aplikasi, memiliki dua karakteristik yaitu keadaan atau kondisi (state) dan tingkah laku (behaviour).

Bahasa Pemrograman Java

Sebagai contoh dalam kehidupan nyata, Anda dapat memandang sebuah balok. Balok adalah obyek yang dapat dilihat. Balok mempunyai panjang, lebar, tinggi dan warna tertentu. Anda juga dapat menghitung luas permukaan, volume, diagonal sisi dan diagonal ruang balok. Di program aplikasi yang menggunakan Java, Anda dapat mendeklarasikan balok sebagai kelas Balok.

Panjang, lebar, tinggi dan warna balok merepresentasikan variabel kelas (field) dari kelas Balok dan proses menghitung luas permukaan, volume, diagonal sisi dan diagonal ruang merepresentasikan metoda (method) dari kelas Balok. Saat kelas Balok dikonstruksi menjadi obyek balok, Anda dapat memberi atau merubah nilai variabel kelas serta menghitung luas permukaan, volume, diagonal sisi dan diagonal ruang melalui metoda-metoda obyek kelas Balok.

Dengan karakteristik tersebut di atas, Anda dapat memodelkan berbagai obyek dalam kehidupan nyata ke obyek-obyek dalam sebuah program aplikasi Java. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai bahasa pemrograman berorientasi obyek yang paling mudah. Berikut ini adalah beberapa alasan memilih Java sebagai bahasa pemrograman yang perlu dipelajari:

  • Java mudah dipelajari karena memiliki sintaksis yang menyerupai bahasa inggris sehingga mudah dibaca, dipelajari dan dimengerti dengan cepat.
  • Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek. Prinsip dasar dari bahasa ini adalah segala aspek yang ada di dalam program Java dapat dipandang sebagai obyek. Pematangan konsep pemrograman berorientasi obyek seperti abstraction, encapsulation, polymorphism dan inheritance dipandang sangat perlu.
  • Java kaya akan API yang memiliki banyak sekali kelas-kelas yang sudah terdefinisi (Java predefined classes) yang dikelompokkan ke dalam paket-paket (packages). Anda dapat membuat kelas-kelas baru lebih cepat dengan memanfaatkan kelas-kelas yang ada di API Java.
  • Java didukung oleh perkakas pengembangan yang terintegrasi seperti Eclipse dan Netbeans. Selain menggunakan teks editor sederhana seperti Notepad dan Notepad++, Anda memiliki alternatif menggunakan perkakas gratis ini untuk mengembangkan program Java dengan lebih mudah dan lebih cepat.
  • Java didukung oleh komunitas yang siap membatu dan berbagi pengetahuan terkait bahasa pemrograman ini. Komunitas Java ini siap membantu programer Java dari berbagai tingkatan, mulai dari pemula, tingkat lanjut sampai dengan yang ahli.
  • Java itu free. Anda dapat mengunduh secara gratis versi standard edition (SE), menggunakan dan mengembangkannya tanpa dikenakan biaya.
  • Java memiliki dokumentasi yang luar biasa, Javadocs. Dokumentasi ini memberikan informasi yang sangat lengkap dan menyeluruh terkait dengan API Java.
  • Java tidak bergantung pada platform (platform-independent). Dengan Java Virtual Machine (JVM), Anda hanya perlu menulis program sekali dan dapat menjalankannya pada platform berbeda seperti sistem operasi Microsoft Windows, OS/2, Macintosh, UNIX dan IBM AS/400.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner