Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel xiaomi

Cara Menonaktifkan Iklan Di MIUI 12 Ponsel Xiaomi

Pada awalnya, Xiaomi adalah perusahaan software kecil. Pada Agustus 2010, Xiaomi merilis custom ROM Android yang dikenal dengan MIUI yang menyerupai Samsung TouchWiz dan Apple iOS. Ini adalah cikal bakal Xiaomi bergerak di pasar hardware khususnya Ponsel. Pada Desember 2010, MIUI digunakan pertama kali untuk Ponsel Xiaomi Mi 1. Dengan pendanaan yang kuat, Xiaomi kini menjelma menjadi salah satu produsen ponsel terbesar di segmen budget.

MIUI 12 menjadi salah satu user experience (UI) skin terbaik untuk ponsel Android. Namun, ada kekurangan dari MIUI yaitu memiliki banyak bloatware dan iklan (ads) yang tersebar dan terintegrasi di dalamnya. Untuk pengguna ponsel Xiaomi, iklan memang mengganggu dan merusak user experience. Kenyatannya, tidak hanya MIUI, UI skin lain seperti Realme UI untuk ponsel Realme juga memiliki iklan.

Baca artikel:

Diakui bahwa beberapa tahun terakhir, Xiaomi telah banyak mengembangkan MIUI. Namun, hadirnya banyak iklan di MIUI menjadi hal lain yang tidak menarik untuk pengguna ponsel Xiaomi. Sebenarnya, iklan adalah salah satu strategi Xiaomi. Dengan menjadikan iklan di MIUI sumber penghasilan, harga ponsel Xiaomi dapat ditekan dan menjadi lebih murah dibanding dengan ponsel pesaing.

Xiaomi terkenal dengan performa ponselnya dan harga yang murah. Anda dapat melihat atau membandingkan ponsel Xiaomi dengan ponsel lain. Ponsel pesaing dengan spesifikasi sama atau sedikit di atas, harga ponsel Xiaomi masih tetap lebih murah. Xiaomi memang membatasi keuntungan berbasis hardware dengan menghasilkan sisa uang melalui beberapa sumber lain termasuk iklan.

Di versi MIUI sebelumnya, menonaktifkan iklan adalah proses panjang dan membingungkan. Xiaomi pernah mengungkapkan bahwa iklan di MIUI akan dikurangi terutama untuk iklan yang tidak sesuai. Kini, di versi terbaru MIUI 12, Anda memiliki opsi untuk menonaktifkan iklan lebih mudah. Berikut ini adalah cara menonaktifkan iklan pada MIUI 12.0.1.0 di ponsel Xiaomi Redmi 9:

1. Menonaktifkan MIUI System Ads.

MSA (MIUI System Ads) adalah aplikasi yang menangani sebagian besar iklan di MIUI. Tentu saja, Xiaomi tidak ingin Anda menonaktifkan aplikasi ini dan mencoba menyembunyikan dari diakses siapapun. Menonaktifkan aplikasi MSA akan menonaktifkan banyak iklan di MIUI meskipun tidak semuanya. MSA tidak dapat dinonaktifkan secara offline, karena itu, Anda perlu terkoneksi ke WIFI atau jaringan mobile.

Untuk menonaktifkan MSA (MIUI System Ads), ketuk ikon Settings (1), pilih Password and security, pilih Authorization & revocation dan kemudian nonaktifkan msa (2). Di pesan yang muncul, tunggu selama 10 detik dan kemudian ketuk tombol Revoke.

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

2. Menonaktifkan rekomendasi iklan personal.

Menonaktifkan rekomendasi iklan personal tidak menghapus iklan yang ada di MIUI, tetapi setidaknya iklan tidak akan didasarkan pada informasi pribadi Anda. Untuk menonaktifkan rekomendasi iklan personal, ketuk ikon Settings (1), pilih Password and security, pilih Privacy, pilih Ads services dan kemudian nonaktifkan Personalised ad recommendations (2).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

3. Menonaktifkan iklan pada aplikasi Security.

Security adalah aplikasi bawaan yang menjadi bagian integral dari MIUI. Security memiliki tool perlindungan dan pengoptimalan. Fitur seperti App lock, Data usage, Security scan, Cleaner, Battery saver, Blocklist dan yang lainnya akan membuat ponsel Xiaomi Anda tetap kencang dan aman.

Untuk menonaktifkan iklan pada aplikasi Security, jalankan aplikasi Security, buka Settings (1) dan kemudian nonaktifkan Receive recommendations (2).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

4. Menonaktifkan iklan pada Mi Browser.

Mi Browser adalah browser bawaan MIUI yang menampilkan iklan pada Start page. Mi Browser merupakan browser berfitur lengkap yang cepat dan aman untuk ponsel Android. Dengan Mi Browser, Anda dapat menjelajahi web, menggunakan penelusuran, menonton video, berbelanja online dan bermain game. Tersedia juga Mi Browser Pro yang memiliki lebih banyak tool keamanan.

Untuk menonaktifkan iklan pada Mi Browser, jalankan aplikasi Mi Browser, ketuk ikon Profile (1), buka Settings (2), pilih Advanced dan kemudian nonaktifkan Show ads (3).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

5. Menonaktikan iklan pada Mi Video.

Mi Video adalah aplikasi bawaan MIUI untuk menjadi platform agregasi konten video dan pemutar video. Mi Video telah bermitra dengan Hungama Play, SonyLiv, Voot dan dalam waktu dekat akan menambahkan lebih banyak mitra lagi. Mi Video menawarkan lebih dari 12 format video seperti AVI, MP4, MOV, MKV, MKA, MPEG dan M2TS.

Untuk menonaktikan iklan pada Mi Video, jalankan aplikasi Mi Video, ketuk ikon Profile (1), buka Settings (2) dan kemudian nonaktifkan Online recommendations (3) dan Personalizsed recommendations (4).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

6. Menonaktifkan iklan pada Music.

Aplikasi Music di MIUI adalah pemutar musik resmi dari Xiaomi yang memiliki antarmuka yang bersih dan jelas. Aplikasi Music ini tidak hanya membolehkan Anda mumutar musik apa saja yang Anda miliki di ponsel Xiaomi, namun juga membolehkan Anda melakukan streaming musik gratis. Music di MIUI juga memiliki fitur radio terintegrasi.

Untuk menonaktifkan iklan yang ada pada aplikasi Music, jalankan aplikasi Music, ketuk ikon equalizer yang ada di sudut kiri atas (1), buka Settings, pilih Advanced settings dan kemudian nonaktifkan Show ads (2).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

7. Menonaktifkan iklan pada File Manager.

File Manager di MIUI adalah tool aman untuk mengelola file dengan cepat, menemukan file dengan mudah dan berbagi file secara offline. File Manager memiliki fitur seperti mencari cepat, menghapus, membuka, memindahkan, mengganti nama, unzipping dan copy-paste file. Format yang didukung File Manager meliputi music, video, image, dokumen, APK dan zip-file.

Baca artikel 5 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Android

Untuk menonaktifkan iklan pada File Manager, jalankan File Manager, ketuk ikon berupa tiga garis horizontal yang terletak di sudut kiri atas (1), pilih Settings, pilih About dan kemudian nonaktifkan Recommendations (2).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

8. Menonaktifkan iklan pada aplikasi Downloads.

Dowwnloads adalah salah satu aplikasi bawaan MIUI yang juga menampilkan iklan. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola unduhan dari berbagai sumber. Untuk menonaktifkan iklan pada aplikasi Downloads, jalankan aplikasi Downloads, klik ikon berupa tiga buah titik vertikal di pojok kanan atas (1), pilih Settings dan kemudian nonaktifkan Show recommended content (2).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

9. Menonaktifkan iklan pada aplikasi Themes.

Aplikasi Themes di MIUI adalah tool yang memungkinkan untuk menyesuaikan tema ponsel Xiaomi Anda serta aspek antarmuka yang lebih spesifik, wallpaper, nada dering atau font. Yang perlu Anda diketahui adalah bahwa aplikasi Themes ini hanya berfungsi dengan ponsel Xiaomi.

Untuk menonaktifkan iklan pada aplikasi Theme, ketuk ikon My page (1) yang ada di sudut kanan bawah, pilih Settings (2) dan kemudian nonaktifkan Show ads (3).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi

10. Menonaktifkan iklan pada aplikasi Cleaner.

Cleaner di MIUI adalah aplikasi resmi untuk menghapus file dari ponsel Xiaomi. Dengan aplikasi Cleaner, Anda dapat menghapus file yang sudah tidak diperlukan, termasuk cache, gambar duplikat, file dari aplikasi yang telah dihapus dan elemen lain yang menghabiskan ruang penyimpanan ponsel Anda.

Untuk menonaktifkan iklan pada aplikasi Cleaner, jalankan aplikasi Cleaner, pilih Settings (1) dan kemudian nonaktifkan Receive recommendations 2).

Menonaktifkan iklan di MIUI ponsel Xiaomi
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It