Mengubah Atau Mengkonversi Format Gambar WebP Ke JPG Atau PNG

Ketika membuka halaman web, Anda akan menjumpai satu atau lebih gambar di dalamnya. Gambar dapat menambah kesan menarik untuk artikel online. Gambar yang berkaitan juga memperjelas isi dari artikel. Umumnya, format gambar yang digunakan pada artikel online adalah JPG (JPEG) dan PNG. Namun, sekarang, Anda juga dapat menjumpai gambar dalam format WebP. Apa sebenarnya format gambar WebP itu?

WebP adalah format gambar yang dibuat oleh Google dan mulai diperkenalkan tahun 2010. Dibandingkan dengan JPG (JPEG) dan PNG, WebP adalah format yang lebih baru. Google mendesain format WebP untuk web. WebP menyediakan sistem kompresi lossless dan lossy yang lebih unggul. Gambar lossless WebP berukuran 26% lebih kecil dibandingkan PNG dan gambar lossy WebP berukuran 25-34% lebih kecil dibandingkan JPG (JPEG).

Baca artikel:

Pemilik web dapat menggunakan format WebP ini untuk membuat gambar dengan ukuran yang lebih kecil sehingga halaman web dapat dimuat jauh lebih cepat. Sebagai format yang tergolong baru, format WebP mungkin tidak didukung web browser versi lama, sedangkan web browser versi yang terbaru sudah mendukung format WebP ini.

Baca artikel Mengubah Atau Mengkonversi dokumen Word (DOCX) Ke JPG

Untuk mengetahui apakah halaman web menggunakan format gambar WebP, cukup klik kanan pada gambar dan dari menu pintas yang muncul, pilih Save image as... Bila gambar menggunakan format WebP, di kotak dialog Save As yang muncul, Anda dapat melihat nama file gambar menggunakan ekstensi webp dengan tipe penyimpanan gambar adalah WEBP File (*.webp).

Mengubah atau mengkonversi format gambar WebP ke JPG (JPEG) atau PNG

Aplikasi pengolah gambar populer seperti Adobe Photoshop CS6 tidak mengenali gambar yang menggunakan format WebP ini. Untuk bisa bekerja dengan format WebP di Adobe Photoshop, Anda perlu menginstal plugin WebPShop. Lalu, bagaimana bila Anda memiliki gambar format WebP dan ingin mengubah atau mengkonversi ke format JPG (JPEG) atau PNG?.

Bila Anda pengguna Windows, Anda dapat menggunakan tool atau aplikasi Paint (MS Paint) bawaan Microsoft Windows. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Format Factory atau XnConvert yang dapat diinstal di platform Windows. Berikut ini adalah cara mengubah atau mengkonversi format gambar WebP ke format JPG (JPEG) atau PNG dengan Paint:

Buka file gambar dengan format WebP di aplikasi Paint, klik menu File (1), pilih Save As (3) dan kemudian klik PNG picture (3) untuk mengubah atau mengkonversi ke format PNG atau klik JPEG picture (4) untuk mengubah atau mengkonversi ke format JPG (JPEG). Sebagai contoh, pilih PNG picture.

Mengubah atau mengkonversi format gambar WebP ke JPG (JPEG) atau PNG

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan (1), beri nama file (2) dan kemudian klik tombol Save (3).

Mengubah atau mengkonversi format gambar WebP ke JPG (JPEG) atau PNG
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It