Mengaktifkan Dark Mode Gelap Adobe Acrobat Pro
Dark Mode Adobe Acrobat Pro DC

Banyak aplikasi Microsoft Windows masih menggunakan warna latar putih terang, baik pada antarmuka (interface) atau dokumen. Meskipun warna latar putih terang membuat konten teks mudah dibaca, namun tidak cukup nyaman untuk mata ketika berada di lingkungan dengan pencahayaan rendah. Mata menjadi tegang, silau dan cepat lelah bila berlama-lama di depan komputer.

Banyak pengembang aplikasi menyadari ini dan mulai mengurangi dampak negatif pada mata dengan menambahkan fitur mode gelap (dark mode), salah satunya adalah aplikasi Adobe Acrobat, baik pada Adobe Acrobat Reader, Adobe Acrobat Standard maupun Adobe Acrobat Pro. Implementasi mode gelap pada Adobe Acrobat adalah dengan mengubah tema tampilan (display Theme) untuk antarmuka (interface) aplikasi serta mengubah warna latar (background) dan teks untuk dokumen PDF.

Untuk Anda yang memiliki hobi atau rutinitas membaca ebook, Anda tentu tahu bahwa ebook banyak menggunakan format PDF. Adobe Acrobat Reader adalah software gratis, populer dan terpercaya untuk melihat, mencetak, berbagi dan membuat anotasi PDF, sedangkan Adobe Acrobat Standard dan Adobe Acrobat Pro memiliki fitur dan kemampuan lebih banyak dibanding dengan Adobe Acrobat Reader.

Untuk menggunakan atau mengaktifkan mode gelap (dark mode) di Adobe Acrobat, ada dua langkah yang perlu dilakukan. Anda perlu mengganti tema tampilan aplikasi Adobe Acrobat serta mengubah warna latar dan teks dari dokumen PDF. Berikut ini adalah cara menggunakan atau mengaktifkan mode gelap (dark mode) Adobe Acrobat Pro di Windows 10. Langkah atau cara yang sama juga dapat Anda terapkan di Adobe Acrobat Reader atau Adobe Acrobat Standard.

1. Mengganti tema tampilan untuk antarmuka aplikasi.

Langkah pertama adalah mengganti tema tampilan (display theme) dari System Theme ke Dark Gray. System Theme adalah tampilan tema default yang mengikuti tampilan tema dari sistem operasi, sedangkan Dark Gray adalah tampilan tema yang lebih mendekati mode gelap (dark mode), tetapi tidak sepenuhnya hitam.

Untuk mengganti ke tema tampilan Dark Gray, klik menu View (1), kemudian Display Theme (2) dan selanjutnya pilih Dark Gray (3).

Mengaktifkan Dark Mode Gelap Adobe Acrobat Pro

Seketika, antarmuka (interface) Adobe Acrobat Pro berubah ke warna abu-au gelap (dark gray). Namun, bila Anda membuka dokumen PDF, Anda akan mendapati warna dasar (background) dokumen tetap putih dengan warna teks hitam sebagaimana umumnya sebuah dokumen dibuat. Untuk mendapatkan mode gelap lebih menyeluruh, Anda perlu mengubah warna latar dan teks dokumen PDF.

Mengaktifkan Dark Mode Gelap Adobe Acrobat Pro

2. Mengubah warna latar dan teks dokumen PDF.

Langkah kedua adalah mengubah warna latar (background) dan teks dari dokumen PDF. Mengganti tema tampilan Adobe Acrobat Pro ke dark gray seperti yang dijelaskan di atas tidak ikut mengubah warna latar dan teks dokumen PDF. Anda perlu mengubah warna latar dan teks dokumen PDF secara terpisah.

Untuk mengubah warna latar dan teks dokumen PDF, klik menu Edit (1) dan kemudian pilih submenu Preferences... (2).

Mengaktifkan Dark Mode Gelap Adobe Acrobat Pro

Di kotak dialog Preferences yang muncul, di bagian Categories, pilih Accessibility (1), di bagian Document Color Options, beri tanda centang di kotak centang Replace Document Colors (2), klik tombol radio Custom Color (3), kemudian ubah warna Page Background ke hitam atau abu-abu gelap (4), warna Document Text ke putih atau bisa juga abu-abu (5) dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK (6).

Mengaktifkan Dark Mode Gelap Adobe Acrobat Pro

Sekarang, Anda dapat memperhatikan perubahannya bahwa antarmuka (interface) Adobe Acrobat Pro dan warna latar (background) dokumen PDF telah menggunakan warna hitam atau abu-abu gelap dengan warna teks putih atau abu-abu.

Mengaktifkan Dark Mode Gelap Adobe Acrobat Pro

Berikut ini adalah daftar beberapa artikel yang terkait dengan pengaktifan mode atau tema gelap pada beberapa aplikasi dan web browser.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It