2 Cara Mengubah Atau Mengganti Warna Garis Tabel Di Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) untuk membuat dokumen berbasis teks. Meskipun berbasis teks, Microsoft Word juga dilengkapi fitur untuk membuat atau menambahkan tabel di dokumen. Melalui tombol Table di kelompok Tables dari tab Insert, Anda dapat membuat atau menambahkan tabel yang diperlukan. Tabel adalah cara yang tepat untuk mengorganisasi informasi di Microsoft Word.

Bila Anda sering mendapatkan dokumen Microsoft Word yang terdapat satu atau lebih tabel, Anda dapat memperhatikan, kebanyakan tabel di dokumen Microsoft Word nampak sedikit membosankan dengan tampilan default. Pengguna Microsoft Word mungkin tidak tahu cara memformat tabel agar lebih menarik, misalnya saja dengan mengubah atau mengganti warna default garis tabel (table border).

Baca artikel:

Meskipun tidak selengkap fitur pemformatan tabel di Microsoft Excel, Microsoft Word juga memiliki fitur untuk memformat tabel di dokumen bila hanya sekedar mengubah atau mengganti warna garis tabel sehingga tidak monoton dengan warna default hitam. Dengan mengubah warna garis tabel, dokumen yang dibuat akan menjadi semakin bagus dan menarik.

Baca artikel:

Berikut ini adalah dua cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word:

1. Melalui kotak dialog Borders and Shading.

Salah satu cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word adalah melalui kotak dialog Border and Shading. Sorot atau seleksi terebih dahulu tabel dengan cara mengklik ikon plus yang ada di sudut kiri atas tabel.

Cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word

Pastikan tab Home aktif, di kelompok Paragraph (1), klik anak panah pada tombol border (2) dan dari daftar menu tarik turun yang muncul, pilih atau klik Borders and Shading (3).

Cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word

Di kotak dialog Borders and Shading, pastikan tab Borders aktif (1), kemudian pilih All (2), tentukan warna dari kotak tarik turun (drop-down box) Color (3), pastikan Anda memilih Table dari kotak tarik turun Apply to (4) dan kemudian klik tombol OK (5).

Cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word

2. Melalui Border Styles.

Cara lain mengubah atau mengganti warna tabel di Microsoft Word adalah melalui Border Styles. Untuk menggunakan Border Syles, Anda dapat menyorot atau menyeleksi tabel atau cukup klik pada sel tabel untuk menempatkan kursor pada sel tersebut, kemudian klik kanan mouse untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan selanjutnya klik anak panah pada Border Styles.

Cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word

Pilih salah satu tema border yang ingin digunakan untuk memberi warna pada garis batas (border) dari sel tabel. Untuk mengubah atau mengganti warna pada tabel, klik bagian dari garis batas sel tabel yang ingin diubah atau diganti warnanya.

Cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It