Joomla memiliki tiga editor bawaan yaitu TinyMCE, None dan CodeMirror. TinyMCE adalah editor di default Joomla untuk membuat artikel di Joomla. Editor TinyMCE adalah editor WYSIWYG, artinya Anda dapat membuat artikel Joomla dengan mudah seperti Anda membuat dokumen teks dengan aplikasi Microsoft Word. Dua editor bawaan Joomla lainnya lebih menuntut Anda untuk membuat artikel menggunakan kode HTML.

Editor TinyMCE sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memfasilitasi pembuatan artikel Joomla. Walaupun demikian, beberapa pengguna Joomla terkadang menambahkan satu atau lebih editor dari pihak ketiga karena alasan adanya beberapa fitur yang lebih memudahkan dibandingkan editor bawaan Joomla. Sebagai contoh, Editor JCE memiliki fitur untuk membuat tautan (link) dari sebuah modul (module) ke sebuah artikel atau kategori artikel.

Baca artikel: Cara Mengganti Editor Default CMS Joomla

Ada beberapa editor Joomla dari pihak ketiga yang bisa diinstal atau ditambahkan seperti editor JCK, JoomlaCK dan JCE. Bila Anda ingin menggunakan editor dari pihak ketiga, misalnya Editor JCE, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu dan kemudian merubah editor default di sistem Joomla Anda dari editor TinyMCE ke editor JCE. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel terkait lainnya:

Perhatikan tampilan Editor - TinyMCE yang sementara ini masih menjadi editor default di Joomla. Editor Joomla ditampilkan ketika Anda membuat artikel baru atau custom module.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

Untuk mengganti editor default Joomla, masuk terlebih dahulu ke area administrator (panel admin) Joomla, klik menu System (1) dan kemudian pilih submenu Global Configuration (2).

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

Di laman Global Configuration yang muncul, pastikan Anda berada di tab Site, di kotak daftar tarik turun (drop-down) berlabel Default Editor, pilih editor yang diinginkan, misalnya Editor - JCE (2) dan kemudian klik tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

Ketika Anda membuat konten atau artikel baru, editor default Joomla telah berganti dari editor TinyMCE ke editor JCE.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner