2 Cara Menghapus Lembar Kerja (Worksheet Atau Sheet) Di Microsoft Excel

Ketika memulai Microsoft Excel, Anda diberi buku kerja (workbook). Buku kerja (Workbook) Excel ini dapat terdiri dari banyak lembar kerja (worksheet atau sheet). Secara default, Microsoft Excel 2016 dan versi sesudahnya menampilkan satu lembar kerja (worksheet atau sheet), sedangkan Microsoft Excel 2013 atau versi sebelumnya menampilkan tiga lembar kerja (worksheet atau sheet).

Namun, bila satu atau tiga lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel yang ditampilkan di workbook dirasa masih kurang, Anda dapat menambahkan lembar kerja baru dengan cara mengklik tombol New sheet dengan ikon plus (+) yang ada di samping kanan nama sheet atau dengan menampilkan beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel sekaligus melalui pengaturan Excel Options.

Baca artikel:

Bila Anda bekerja dengan banyak data berbeda namun masih berkaitan, Anda tentu saja memerlukan banyak lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel. Misalnya, Anda menangani data sejumlah proyek. Anda dapat memisahan data berdasarkan proyek yang ditangani di lembar kerja Excel berbeda. Ini belum termasuk lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel untuk menampung data sementara yang perlu dianalisa terlebih dahulu.

Baca artikel:

Pada saatnya, bila proyek telah selesai atau ketika Anda tidak memerlukan lagi lembar kerja (worksheet atau sheet) berisi data sementara, Anda perlu menghapus agar menjadi rapi dan tidak membingungkan. Menghapus lembar kerja Excel tidak sulit. Anda dapat menghapus satu atau beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel sekaligus dengan cukup mudah.

Berikut ini adalah cara untuk menghapus satu atau beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel sekaligus melalui menu pintas (shortcut menus) dan tombol di ribbon.

1. Melalui menu pintas.

Untuk menghapus satu lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel, misalnya Sheet2 melalui menu pintas (shortcut menus), klik kanan tepat di nama Sheet2 (1) untuk mengaktifkan dan sekaligus menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Delete (2).

Menghapus lembar kerja (worksheet atau sheet) di Microsoft Excel

Untuk menghapus beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel sekaligus, misalnya Sheet2, Sheet3, Sheet4 dan Sheet6, Anda perlu menyeleksi semuanya terlebih dahulu. Gunakan key atau tombol keyboard Shift untuk menyeleksi banyak lembar kerja secara berurutan atau gunakan key atau tombol keyboard Ctrl untuk menyeleksi banyak lembar kerja secara acak.

Untuk menyeleksi Sheet2, Sheet3, Sheet4 dan Sheet6, klik Sheet2, tekan dan tahan key atau tombol Shift dan kemudian klik Sheet4 untuk menyeleksi Sheet2 sampai Sheet4, kemudian tekan dan tahan key atau tombol Ctrl dan selanjutnya klik Sheet6. Sekarang, Sheet2, Sheet3, Sheet4 dan Sheet6 sudah terseleksi.

Untuk menghapus, klik kanan mouse tepat di salah satu nama sheet, misalnya Sheet6 (1) yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Delete (2).

Menghapus lembar kerja (worksheet atau sheet) di Microsoft Excel

Di kotak dialog konfirmasi (Microsoft Excel) yang muncul, klik tombol Delete (1) untuk mengkonfirmasi penghapusan lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel atau klik tombol Cancel (2) untuk membatalkan penghapusan.

Menghapus lembar kerja (worksheet atau sheet) di Microsoft Excel

2. Melalui tombol Delete di ribbon.

Untuk menghapus satu atau beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel sekaligus melalui tombol Delete di ribbon, Anda perlu menyeleksi semuanya terlebih dahulu. Untuk menyeleksi satu atau beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel sekaligus, langkahnya sama seperti pada cara pertama.

Ketika satu atau beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel yang ingin dihapus sudah diseleksi, pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Cells, klik tombol Delete (1) dan dari menu drop-down yang muncul, klik Delete Sheet (2).

Menghapus lembar kerja (worksheet atau sheet) di Microsoft Excel

Sama seperti di cara pertama, di kotak dialog konfirmasi yang muncul, klik tombol Delete untuk mengkonfirmasi penghapusan lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel atau klik tombol Cancel untuk membatalkan penghapusan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It