Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang ada di Microsoft Office Suite yang dikhususkan untuk mengolah data. Area kerja Microsoft Excel terdiri dari atas garis vertikal dan horisontal yang membentuk baris dan kolom. Perpotongan antara baris dan kolom disebut dengan sel (cell), sedangkan garis yang mengelilingi sel yang membedakan antara sel satu dengan sel lainnya disebut dengan gridline. Di dalam sel inilah data diletakkan untuk diolah lebih lanjut.

Secara standar, Microsoft Excel menggunakan warna gridline abu-abu (grey). Untuk sebagaian orang, warna ini mungkin tidak nyaman untuk mata dan agak kurang jelas dilihat, bagi sebagian yang lain, mungkin sudah merasa bosan dengan warna gridline yang standar-standar saja. Namun Anda tidak perlu kawatir. Microsoft Excel membolehkan Anda merubah warna gridlines dengan warna yang Anda tentukan sendiri. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan kemudian klik menu FILE.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

Di backstage Microsoft Excel yang muncul, klik atau pilih Options yang berada di posisi paling bawah.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

Di kotak dialog Excel Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Advanced. Cari bagian Display options for this worksheet, klik kotak daftar tarik turun berlabel Gridline color, pilih warna yang akan digunakan untuk gridline dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

Sekarang warna gridline telah berubah sesuai dengan warna yang telah Anda pilih. Perubahan warna gridline hanya berlaku untuk worksheet yang aktif, sedangkan worksheed lainnya akan tetap menggunakan warna gridline standar.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner