Opera GX, browser khusus para gamer

Mengenal Opera GX, Gaming Browser Pertama Untuk Gamer

Bicara tentang browser, Anda mungkin akan berfikir pada browser standar seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsotf Edge atau Opera. Fungsi utama browser adalah untuk mencari informasi relevan di internet berdasarkan kata kunci (keyword) yang dicari dan untuk membuka halaman web (web page). Browser menggunakan mesin telusur (search engine) untuk menemukan informasi relevan di internet. Tiga mesin telusur terbaik saat ini adalah Google, Bing dan Yahoo!

Sekarang ini, banyak orang mulai memberi perhatian khusus pada privasi saat terhubung ke internet. Mereka berupaya melakukan aktivitas browsing secara anonim untuk menghindari ekspos privasi yang berlebihan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan browser anonim (anonymous browser). Browser anonim seperti Tor, Brave dan Comodo IceDragon adalah browser yang dikembangkan khusus untuk memberi proteksi atau perlindungan pada privasi online Anda.

Baca artikel Browser Khusus Gamer, Opera GX, Tersedia Untuk macOS

Selain browser standar dan browser anonim, kini telah hadir browser yang dibuat khusus untuk gamer yaitu gaming browser dan Opera GX adalah satu-satunya gaming browser yang ada saat ini. Gaming browser sebagian besar mencangkup fitur yang dikembangkan untuk para gamer. Gaming browser hadir untuk mendukung aktifitas gaming lebih dari satu milyar gamer PC yang ada.

Baca artikel:

Google Chrome sebagai browser dengan pengguna terbanyak dan juga browser modern lainnya perlu sumber daya sistem yang tidak sedikit terutama pada memori (RAM) dan prosesor (CPU). Demikian juga game perlu sumber daya sistem yang tidak sedikit. Ketika Anda bermain game online dan sekaligus juga membuka browser, penggunaan bersama sumber daya sistem oleh browser dan game dapat menyebabkan gangguan saat bermain game. Untuk mengatasi gangguan ini, gamer biasanya akan mematikan atau menutup browser.

Baca artikel:

Opera GX adalah browser desktop untuk komputer Windows. Opera GX merupakan versi penyesuaian dari browser standar Opera. Sebagaimana browser Opera, Opera GX juga berbasis pada Chromium, yaitu proyek sumber terbuka yang menjadi basis untuk browser Google Chrome. Karena berbasis pada Chromium, Anda dapat menginstal ekstensi Google Chrome pada Opera GX. Opera GX memiliki semua fitur browser Opera dengan lebih banyak fitur lanjutan.

Salah satu fitur penting untuk gamer yang ada di Opera GX adalah GX Control Panel yang dapat digunakan untuk membatasi akses ke sumber daya sistem RAM dan CPU. Ketika Anda tidak dapat mengatur penggunaan RAM dan CPU di browser standar, Anda dapat mengatur penggunaan RAM dan CPU di Opera GX. Dengan membatasi penggunaan RAM dan CPU di Opera GX, sumber daya sistem selebihnya dapat digunakan game agar berjalan lancar. Dengan demikian, Opera GX dan game dapat digunakan pada saat yang bersamaan tanpa masalah.

Baca artikel:

Opera GX, browser khusus untuk gamer

Selain fitur GX Control Panel, Opera GX juga terintegrasi langsung dengan Twitch yaitu jejaring sosial khusus game, Facebook, WhatsApp dan Telegram melalui menu navigasi pada bilah di sisi browser. Opera GX juga memiliki fitur built-in lain seperti layanan VPN tanpa login, pemblokir iklan, termasuk juga video pop-out untuk memutar video dengan "smaller overlay" di luar browser.

Tidak seperti browser standar dengan tampilan yang umumnya didominasi warna putih, tampilan Opera GX sarat dengan nuansa gaming. Opera GX menggunakan tema gelap dan warna cerah yang umumnya dijumpai pada peripheral dan PC gaming. Anda juga dapat mengklik ikon Easy Setup yang ada di sudut kanan atas untuk memilih salah satu dari beberapa warna yang disediakan atau warna manapun yang Anda inginkan.

Opera GX, browser khusus untuk gamer
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It