Cara Mengunci (Lock) Gambar Pada Sebuah Sel Di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet dengan area kerja terdiri atas banyak kolom dan baris. Perpotongan antara kolom dan baris disebut dengan cel (cells). Di sel Excel ini data seperti teks, angka, tanggal dan waktu dimasukkan untuk diolah atau dimanipulasi lebih lanjut menggunakan formula, fungsi dan makro VBA (Visual Basic for Applications).

Microsoft Excel tidak hanya digunakan untuk mengolah atau memanipulasi data, tetapi juga untuk membuat dan menyajikan data biasa dalam bentuk tabular atau tabel. Area kerja yang menyerupai grid dengan fitur pemformatan tabel dan data yang sangat lengkap akan memberi kemudahan dalam membuat dan menyajikan tabel dan data yang lebih menarik.

Baca artikel:

Sel di Microsoft Excel tidak hanya diisi dengan data teks, angka, tanggal atau waktu, tetapi Anda juga dapat menyisipkan obyek grafis seperti gambar, foto, logo atau shape. Bila Anda membuat tabel berisi daftar buku, Anda dapat menyisipkan gambar buku ke sel Excel agar lebih menarik dan informatif. Bila Anda membuat daftar produk, Anda dapat menyisipkan gambar produk dan lain sebagainya.

Baca artikel Meletakkan Obyek Gambar, Foto, Grafik Dan Shape Tepat Di Tengah Slide PowerPoint

Memang, memasukkan data teks, angka, tanggal dan waktu ke sel Excel akan berbeda dengan meyisipkan gambar ke sel Excel. Ketika gambar disisipkan atau ditambahkan ke sel Excel, gambar sebenarnya ada pada lapisan (layer) di atas spreadsheet Excel. Aturan yang berlaku pada data teks, angka, tanggal dan waktu tidak berlaku pada gambar di dalam sel.

Ketika Anda mengubah lebar kolom Excel, lebar gambar di dalam sel tidak berubah. Ketika Anda mengubah tinggi baris, tinggi gambar juga di dalam sel tidak berubah. Ketika Anda menyembunyikan kolom atau baris, gambar tidak terpengaruh. Demikian juga ketika Anda menghapus kolom atau baris, gambar tidak ikut terhapus dan tetap ada.

Namun, Anda dapat mengubah perilaku gambar di dalam sebuah sel Excel. Microsoft Excel menyediakan fitur terkait gambar di dalam sel. Dengan fitur ini, Anda dapat mengunci (lock) gambar pada sel Excel. Ketika Anda mengubah lebar kolom atau tinggi baris, ketika menyembunyikan kolom atau baris atau ketika menghapus kolom atau baris, perubahan juga berlaku pada gambar di dalam sel dari kolom atau baris tersebut.

Berikut ini adalah cara mengunci (lock) gambar pada sebuah sel di Microsoft Excel.

Buat tabel sederhana dan sisipkan gambar di salah satu sel Excel. Pastikan gambar berada di dalam sel. Gunakan key atau tombol keyboard Shift ketika mengubah ukuran gambar agar tetap proporsional.

Cara mengunci (lock) gambar pada sebuah sel Microsoft Excel

Untuk mengunci (lock) gambar pada sebuah sel Excel, klik kanan tepat pada gambar (1) untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih atau klik Size and Properties... (2).

Cara mengunci (lock) gambar pada sebuah sel Microsoft Excel

Di bilah samping (sidebar) Format Picture yang muncul di sisi kanan, klik Properties (1) dan kemudian klik tombol radio (radio button) Move and size with cells (2). Untuk mengunci gambar yang lain pada sel Excel, ulangi langkah yang sama.

Cara mengunci (lock) gambar pada sebuah sel Microsoft Excel

Berikut ini adalah tampilan gambar yang ada di dalam sel Excel ketika lebar sel (kolom) LOGO dipersempit.

Cara mengunci (lock) gambar pada sebuah sel Microsoft Excel

Berikut ini adalah tampilan tabel ketika baris nomor 2 atau data untuk domain topikit.com disembunyikan.

Cara mengunci (lock) gambar pada sebuah sel Microsoft Excel

Catatan:

Ukuran default gambar di dalam sel Excel adalah ketika Anda telah mengatur properties dengan memilih atau mengklik tombol radio Move and size with cells. Jika Anda mengubah lebar kolom LOGO melebihi ukuran default gambar, maka gambar akan tetap pada ukuran default.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It